Inilah Hama Penyakit Tanaman Melon Yang Perlu Diketahui

Dasar Pertanian - Hama Penyakit Tanaman (HPT) ialah sumber duduk kasus bagi para petani. Kenapa dikatakan sumber masalah? Karana hama dan penyakit pada flora sanggup mengakibatkan kerusakan fatal bagi tanaman, sehingga kalau tidak segera dilakukan penanganan akan menciptakan petani gagal panen. Sudah menjadi hal yang lumrah kalau setiap flora budidaya ada hama dan penyakitnya, menyerupai halnya pada flora melon juga tak luput dari gangguan hama penyakit. Lalu apa saja jenis hama dan penyakit pada flora melon? Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan membagikan isu seputar Hama Panyakit Tanaman Melon.


Hama Penyakit Tanaman Melon


Hama


1. Ulat Grayak
Hama yang sering menyerang flora melon yang pertama ialah ulat grayak. Hama ini akan menyerang bab daun flora melon secara kompak atau bersama dengan jumlah yang tidak mengecewakan banyak. Hama ulat grayak ini biasanya akan mulai menyerang pada malam hari. Adapun cara mengendalikannya ialah dengan melaksanakan penyemprotan memakai insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, dan sanggup juga dimehipo dengan hukum takaran sesuai petunjuk yang ada pada bungkus/kemasan.

2. Hama Ulat Tanah
Hama ulat tanah ini akan menyerang flora melon pada ketika malam hari, sesudah matahari muncul maka dia akan bersembunyi di dalam tanah, kalau kita memakai plastik mulsa maka ulat ini akan sembunyi di balik plastik mulsa. Bagian flora yang sering diserang hama ulat tanah ini yaitu batang flora yang masih muda. Hama ini akan memotong bab batang yang muda, makanya di namakan juga dengan ulat pemotong. Adapun cara pengendalian hama ulat tanah pada flora melon ialah dengan memperlihatkan insektisida yang berbahan aktif karbofuran sebanyak 1 gram di setiap lubang tanam melon.

3. Hama Ulat Buah
Hama yang menyerang flora melon selanjutnya ialah ulat buah. Hama ini menyerang melon dengan cara memakannya dan melubangi. Cara mengendalikan hama ulat buah pada buah melon ialah dengan cara menyemprotkan cairan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, dan dimehipo. Untuk ukuran atau takaran ialah sesuai petunjuk yang ada pada kemasan.

Untuk mengenali jenis penyakit pada flora melon sanggup anda baca pada artikel selanjutnya yang sudah admin tulis pada link berikut ini.

Silahkan baca : Inilah Penyakit Utama Pada Tanaman Melon

Itulah sedikit isu perihal Hama Penyakit Tanaman Melon Yang Perlu Diketahui, agar bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel