Pengertian Dan Jenis Serta Fungsi Perangkat Keras - Bapak Tekno

Perangkat keras komputer apabila dalam bahasa inggri ialah Hardware , adalah sebuah cuilan fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak atau software yang hanya menyediakan intruksi untuk perangkat keras dalam menuntaskan kiprah nya.

batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram apabila kita membahas mengenai firmware , sebab firmware ini ialah perangkat lunak yang dibentuk oleh perangkat keras .

Perangkat keras atau hardware berperan secara menyeluruh terhadap kinerja suatu sistem komputer.



  • JENIS-JENIS PERANGKAT KERAS DAN FUNGSINYA
  • Perangkat keras input , adalah jenis hardware yang berfungsi untuk memasukan data atau input kedalam memory sistem komputer , perangkat keras input utama dari sebuah sistem komputer ialah keyboard. Mouse merupakan sebagai perangkat keras input pendukung dari sebuah sistem komputer , teladan perangkat keras input menyerupai : mouse, keyboard, scanner.
  •  Perangkat Keras proses, ialah jenis hardware yang berfungsi untuk melaksanakan olah data atau sanksi perintah terhadap data yang dimasukkan. perangkat keras proses utama dari sebuah sistem komputer ialah Processor , VGA , Soundcard, dan motherboard.
  • Perangkat Keras output , adalah jenis hardware yang berfungsi untuk menampilkan atau menghasilkan keluaran dari data yang diproses, perangkat keras output utama dari sebuah sistem komputer ialah monitor .
  • Perangkat Keras penyimpanan, adalah jenis hardware yang berfungsi untuk menyimpan data pengguna. terdapat dua perangkat keras penyimpanan utama dari sebuah sistem komputer ialah penyimpanan ialah non-volatile internal ( SSD/HDD ) dan penyimpanan volatile ( RAM )
  •  Perangkat Keras kelistrikan, untuk bekerjanya suatu sistem komputer maka memerlukan asupan daya listrik dan tegangan yang stabil. sistem komputer memakai power supply untuk memanagement listrik ke masing-masing perangkat keras lainnya, selain itu pengguna biasanya memasangkan stavolt untuk menstabilkan listrik yang masuk kedalam sistem komputer sebelum dimanagement oleh power supply .

Sumber https://bapaktekno19.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel