Solusi Sms Instruksi Otp Tidak Terkirim Ke Handphone

Solusi SMS Kode OTP Tidak Terkirim Ke Handphone Solusi SMS Kode OTP Tidak Terkirim Ke HandphoneKode OTP (One Time Password) yaitu sebuah password dimanis yang akan dikirimkan oleh sebuah sistem keamanan pribadi ke nomor handphone sang pengguna yang sudah di-registrasikan. Kode OTP yaitu password yang dimanis, terus berubah sehingga mustahil untuk dicatat, dan tentunya hal ini akan meningkatkan keamanan akun pengguna secara signifikan. Kode OTP ketika ini sudah umum dipakai dalam sistem perbankan (bank), sistem jual beli di e-commerce, bahkan akun portal game terbesar yaitu Steam juga memakai isyarat OTP sebagai pengaman.

Dengan jaminan keamanan yang kita dapatkan, tidak serta merta sistem OTP menjamin kenyamanan para penggunanya. Banyak juga masalah dimana isyarat OTP ini malah mempersulit penggunanya. Dari aneka macam kasus, yang paling sering terjadi yaitu isyarat OTP yang sudah kita request, tidak terkirim ke nomor handphone yang sudah kita registrasikan. Parahnya lagi, kita harus menunggu beberapa waktu sebelum kita sanggup melaksanakan request ulang isyarat OTP. Lamanya bervariasi dari 1 menit sampai 1 jam, atau mungkin lebih. Hal ini lah yang sering menciptakan kita jengkel.


Bagaimana solusinya jikalau isyarat OTP tidak terkirim ke handphone kita? Simak di bawah ini!

Pertama yang kita perlu tahu:
  • Penyebab kegagalan isyarat OTP sangat beragam. Hingga solusi yang diperlukan juga beragam, sesuai dengan penyebabnya.
  • Kegagalan penerimaan isyarat OTP sangat sering terjadi pada pengguna Smartphone. Dan, Jarang terjadi pada pengguna handphone low-end yang mempunyai OS lebih praktis (terutama handphone jadul non-android).

SOLUSI:
  • Jika kau gres 1x melaksanakan request dan gagal, maka lakukan request ulang. Jika request ke-2 juga gagal, maka tidak perlu melaksanakan request ke-3, alasannya yaitu kemungkinan besar akan gagal juga. Dan kita pun akan butuh waktu yang lebih usang untuk melaksanakan request ulang jikalau kita gagal untuk yang ke-3 kalinya. Bisa 1 jam atau lebih.
  • Jika ada opsi lain selain mengirimkan isyarat OTP melalui nomor handphone, maka pilihlah opsi lain tersebut. Misalnya tokopedia yang menunjukkan opsi, sumbangan isyarat OTP pribadi melalui telepon (bukan SMS). Ada juga sistem yang menunjukkan pilihan pengiriman isyarat OTP melalui e-mail. Dari pada pengiriman isyarat OTP melalui SMS yang sering gagal, alternatif-alternatif pengiriman isyarat OTP menyerupai ini jarang mengalami kegagalan.
  • Jika kau pengguna Smartphone, maka cara pertama coba ubah date & time di smartphone kamu. Coba ganti dari setting otomatis (menyamakan waktu dari yang didapatkan dari internet) ke manual atau sebaliknya. Dan pastikan juga tanggal & waktu sudah tepat dan sesuai dengan waktu dimana kau berada ketika ini. Kemudian lakukan request ulang isyarat OTP.
  • Jika masih gagal, coba untuk restart smartphone kau sebelum melaksanakan request ulang isyarat OTP.
  • Jika kau melaksanakan request code OTP melalui app (android), pastikan kau telah mengizinkan app tersebut untuk membaca SMS. Kamu sanggup melaksanakan pengaturan permission di app setting pada masing-masing smartphone kamu.
  • Cara ini terbilang ampuh dan sering berhasil. Kamu sanggup melewati cara-cara sebelumnya dan lansung mencoba cara yang satu ini jikalau mau. Cabut kartu perdana dari smartphone (dalam kondisi menyala. lebih kondusif jikalau dalam Airplane Mode), kemudian matikan smartphone beberapa saat, dan hidupkan lagi (jangan pribadi restart). Setelah kembali hidup, masukan lagi kartu perdana dan lakukan request isyarat OTP.
  • Cara ampuh ke-2 yang sanggup kau lansung coba untuk menghemat waktu adalah, cabut kartu perdana yang kau pakai, kemudian untuk sementara kau pindahkan ke handphone lain. Lalu, kau lakukan request isyarat OTP melalui/ke nomor kau di handphone tersebut. Cara ini cukup ampuh.

Cara-cara di atas Akira sanggup dari pengalaman pribadi dan kesimpulan dari beberapa postingan ihwal isyarat OTP. Perkiraan Akira pribadi (belum terbukti), kemungkinan penyebab gagalnya pengiriman isyarat OTP yaitu dari Smartphone itu sendiri (entah dibagian mananya).

Jika kau masih gagal dengan cara-cara di atas, mungkin penyebab kegagalan peneriman isyarat OTP-nya juga berbeda. Mungkin alasannya yaitu memang ada gangguan pada operator ketika itu, atau kau dulu pernah sengaja atau tidak sengaja mem-blok semua SMS yang berasal dari sistem komputer (untuk menghindari spam), atau penyebab lainnya. Yang pastinya solusinya juga akan berbeda.

author: Akira Asayami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel