Inilah Jenis Penyakit Pada Tanaman Buah Melon Yang Harus Di Waspadai

Dasar Pertanian - Halo teman tani semuanya, sudah usang rasanya admin tidak posting artikel di blog ini. Ya itu semua dikarenakan kesibukan admin sehingga tidak ada waktu untuk ngeblog. Namun pada kesempatan kali ini admin luangkan waktu untuk menulis artikel terbaru wacana penyakit pada tumbuhan melon. Anda semua tentu sudah membaca pada artikel sebelumnya yakni hama yang sering menyerang tumbuhan melon, nah kemaren kan belum sempat admin bahas jenis penyakit pada tumbuhan melon, jadi kali ini akan admin bahas.

Kalau kita berbicara wacana buah melon, tentu ingin rasanya kita merasakan kesejukan buah melon, apalagi bila dibentuk minuman segar. Memang buah melon ini sangat banyak dipakai untuk berbagai minuman segar. Terlebih pada ketika bulan puasa, maka kebutuhan buah melon menjadi banyak. Ini kesempatan bagi anda yang ingin sukses budidaya melon dan menghasilkan laba besar. Namun yang menjadi permaslahan yakni maraknya wabah penyakit yang sering menjangkit tumbuhan buah melon ini. Ya namanya juga tumbuhan buah sudah niscaya ada hama dan penyakit yang selalu mengintai. Salah satunya yakni penyakit yang merupakan momok bagi petani melon. Sebenarnya ada banyak jenis penyakit yang suka mengakibatkan buah melon wangi dan gagal panen. Berikut klarifikasi ringkasnya.


Jenis Penyakit Pada Tanaman Buah Melon Yang Harus Di Waspadai


1. Penyakit Antraknosa

Penyakit yang sering menyerang tumbuhan melon yakni penyakit antraknosa, yang mana penyakit antraknosa yakni salah satu jenis penyakit yang paling sering menyerang tumbuhan melon. Tahukah andabahwa penyakit antrakanosa ini ternyata dibawa oleh virus yang berjulukan Collectorichum lagenarium. Adapun tanda-tanda yang akan terjadi jawaban penyakit ini yakni munculnya bercak-bercak berwarna cokelat. Jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan kita gagal panen.


2. Penyakit Busuk Buah

Jenis penyakit selanjutnya yang juga sering menyerang buah melon yakni penyakit wangi buah. Adapun penyebab dari penyakit wangi buah ini yakni virus Phytophtora nicotianae. Bagian tumbuhan melon yang menjadi target yakni cuilan batang, daun, dan buah. Sedangkan tanda-tanda yang akan muncul bila penyakit wangi buah ini menyerang pada cuilan batang melon yakni akan terlihat bercak berwarna cokelat pada batang tumbuhan melon.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel