Yang Mesti Dilakukan Sehabis Beli Laptop Baru

Halo Jempolers! Apa kabar ? Maaf gres sanggup posting artikel blog. Maklum, admin Tekno Jempol sibuk di real life :)

Mumpung sudah masuk tahun aliran baru, Tekno Jempol kali ini akan membahas perlengkapan sekolah/kuliah yang mesti dimiliki yaitu komputer atau laptop. Seperti yang kita ketahui, komputer/laptop dikala ini sudah menjadi perlengkapan yang harus dimiliki khususnya untuk pelajar. Sebab dunia pendidikan dikala ini sudah banyak memanfaatkan teknologi IT. Apalagi, buat kalian pelajar SMP/SMA tentu harus melek komputer alasannya ialah ujian risikonya sudah memakai komputer (baca: UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer))


Paket lengkap laptop MacBook Pro. Credit : Flicker.com/Tyler

Bagi yang belum punya atau berencana membeli komputer laptop, kalian sanggup membaca artikel blog Tekno Jempol dengan judul Tips Memilih Laptop Murah Untuk Pelajar/Mahasiswa.

Lalu, kalau sudah memboyong laptop gres apa yang mesti dilakukan ? Apa yang perlu diinstal ? Nah, dalam artikel ini Tekno Jempol akan menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan sesudah membeli laptop gres dari toko.

Pertama, cek kelengkapan laptop baru

Umumnya, (seharusnya sih!) sesudah transaksi dan sebelum meninggalkan toko, kalian harus mengecek kelengkapan paket laptop yang dibeli. Ini penting dan dihentikan terlewatkan tentunya. Kalian tentu tidak ingin kan kehilangan atau melewatkan salah satu komponen penting laptop. Sudah bayar mahal tapi paketnya gak lengkap.
Kelengkapan paket penjualan laptop gres diantaranya
  • Laptop + charger (Jelas!). Pastikan laptop sesuai dengan tipe atau seri yang kalian beli. Beda tipe atau seri, sudah barang tentu beda spesifikasi dan kelengkapan.
  • Kardus kemasan. Mungkin terdengar sepele, tapi hal ini yang memperlihatkan kalau laptop tersebut merupakan barang resmi sekaligus pengaman dikala dibawa pulang.
  • Buku manual dan kartu garansi. Hal yang sangat penting namun kadang terlupakan oleh banyak orang. Jika sewaktu-waktu ada duduk kasus pada laptop tersebut, kartu garansi ini wajib dibawa dikala berkunjung ke sentra service resmi. Buku manual juga sangat penting terutama bagi pengguna laptop yang masih awam
  • Tas laptop. Sebetulnya tas laptop itu bonus dari penjual. Tapi mengingat laptop perlu pengaman dikala dijinjing kemana-mana, jadi perlengkapan ini wajib ada.
  • Biasanya toko/penjual menawarkan promo berupa bonus aksesoris laptop menyerupai screen/LCD protector, kover keyboard, mouse USB atau kipas pendingin laptop. Nah, untuk perlengkapan ini tak wajib ada alasannya ialah hanya diberikan oleh toko/produk laptop tertentu. Namun, kalau toko tersebut menawarkan promo/bonus khusus maka recomended untuk dikunjungi.

Kedua, cek keadaan fisik laptop

Coba periksa keadaan fisik laptop dan pastikan tidak ada yang cacat. Cek setiap detil body laptop. Jangan hingga ada bekas goresan, baut yang kurang, atau label garansi yang sobek. Jika menemukan kondisi cacat tersebut DAN masih berada dalam toko, kalian sanggup meminta tukar dengan produk laptop lain yang kondisinya lebih bagus.

Berikutnya, tes nyala laptop

Setelah kondisi laptop terasa menyerupai baru, lakukan tes nyala laptop. Nyalakan laptop dan pastikan sanggup hidup secara normal.
  • Jika sanggup masuk tampilan UEFI/BIOS atau eksklusif boot ke sistem operasi berarti komponen hardware laptop berjalan normal
  • Jangan lupa untuk memasang charger untuk memastikan baterai berfungsi dengan baik. Dulu, ada "tradisi" kalau laptop gres harus dicharger sekian jam lamanya. Padahal hal ini tidak benar. Laptop gres cukup dicharge hingga baterai penuh saja.
  • Perhatikan pula nyala lampu notifikasi laptop (power, charger, atau storage)
Baca juga : Begini Cara Mengatasi Layar Blank Saat PC Dinyalakan

Install Sistem operasi

Umumnya, laptop gres sudah terinstal sistem operasi menyerupai Microsoft Windows. Namun, beberapa produk laptop juga berisi sistem operasi lain menyerupai Mac OS, Linux atau bahkan hanya DOS (Disk Operating System). Bahkan ada pula yang kosong tanpa sistem operasi apapun. Jadi, kalian harus menginstal sistem operasi sendiri.
Jangan lupa juga untuk menginstal driver hardware laptop. Driver ini biasanya disertakan dalam bentuk pecahan CD/DVD. Beberapa laptop juga kadang sudah menyertakan paket driver dalam hard disk jadi kalian tinggal pakai saja.
Driver sangat penting alasannya ialah sanggup menyediakan saluran dan fungsi-fungsi khusus pada komponen hardware. Dengan begitu, semua komponen sanggup dipakai secara maksimal.

Lakukan investigasi fungsi laptop

Setelah sistem operasi terpasang, semua fungsi laptop tentu sudah sanggup digunakan. Oleh alasannya ialah itu, kalian sanggup menyelidiki fungsi atau fitur laptop secara detil
  • periksa fungsi tombol-tombol keyboard. Kalian cukup memakai aplikasi Notepad atau editor teks yang tersedia untuk melakukannya.
  • Periksa fungsi kecerahan layar. Biasanya cukup menekan kombinasi tombol keyboard
  • Periksa fungsi touchpad (tap klik, tombol klik kanan/kiri, scroll)
  • periksa fungsi audio dan speaker. Yang perlu dilakukana ialah membesarkan/mengecilkan bunyi dan menyelidiki speaker kanan dan kiri.
  • Periksa fungsi CD/DVD (jika ada)
  • periksa juga port-port koneksi menyerupai USB, LAN, Card reader (jika ada), External display (HDMI/D-sub)
Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan tidak ada kendala, maka laptop siap untuk digunakan. Kalian sanggup melanjutkan untuk menginstal aktivitas aplikasi yang diharapkan untuk bekerja dengan laptop menyerupai aplikasi Office, Multimedia (editing/desain), hiburan (games, musik dan video player), dan lain sebagainya.

Terakhir, jangan lupa update

Tujuan utama update pada laptop yakni untuk membetulkan error dan menambah kestabilan pada sistem laptop. Pastikan laptop kau selalu update secara rutin baik sistem operasinya maupun aktivitas software yang digunakan. Dalam urusan ini, kau memerlukan koneksi internet untuk mendownload update terbaru.
Yang tak kalah urgen yaitu memperbarui driver hardware dan UEFI/BIOS. Kedua software tersebut dibutuhkan untuk mengakses dan mengoptimalkan komponen hardware.
Baca juga :
Itulah beberapa hal yang sanggup dilakukan sesudah membeli laptop baru. Kalaupun membeli laptop bekas/second, kalian juga sanggup menerapkan cara di atas biar mendapat laptop dengan kualitas terjamin. Semoga panduan ini bermanfaat...


Selamat mencoba...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel