Cara Menjalankan Es6+ Di Node Js

cara menciptakan aplikasi node js dengan penulisan es6 - Halo! Selamat tiba kembali di artikel TB kali ini! Pada kesempatan kali ini saya akan membagi sedikit tutorial pengembangan web. Dalam hal ini berkaitan dengan Node JS.

Tentunya ibarat yang kita ketahui, node js memakai bahasa javascript dalam melaksanakan perintah. Setiap bahasa pemrograman tentunya mengalami perkembangan. Gaya dan standarisasi penulisan script semakin usang semakin singkat.

Javascript termasuk bahasa yang mengalami perubahan gaya bahasa yang cukup cepat. Semakin kesini, penulisan semakin gampang dan singkat. Standarisasi terbaru dalam penulisan javascript berjulukan es6.


ES6 atau EcmaScript 6 yaitu standarisasi penulisan bahasa javasript yang rilis tahun 2015. Secara default, node js tidak mendukung standar ES6, melainkan typescsript biasa. Nah, tutorial kali ini akan menjelaskan langkah langkah installasi dan menjalankan ES6 di node js.

Install Babel CLI dan Babel Preset ENV
Babel yaitu package node yang sanggup mengkonversikan standarisasi ES6 ke javascript biasa. Jadi, kita sanggup menulis bahasa javascript di node js memakai ES6. Kita akan memakai 2 package babel yaitu babel cli sebagai package utamanya, dan babel-preset-env sebagai konfigurasi enviromentnya.

Berikut ini cara install babel dan cara menjalankannya

1. Install npm/package.json

npm init

2. Install babel dan nodemon
lakukan installasi dengan mode save development dependency untuk babel, dan mdoe save dependency untuk nodemon

npm install -D babel-cli babel-preset-env npm install nodemon 

3. Konfigurasi running main
silahkan masuk ke file package.json. Lalu pada key script:{}, tambahkan isyarat berikut ini..

"start":"nodemon --exec babel-node index.js"

Silahkan testing webnya dengan menjalankan bahasa javascript ES6. Jika berjalan ibarat biasa, konfigurasi berhasil!

Apakah wajib menulis dengan standar ES6?
Jawabannya relatif, tetapi mengikuti perkembangan bagi saya wajib. Bahasa pemrograman terus berubah menjadi lebih mudah. Jika kita tertinggal, maka untuk berguru kedepannya akan lebih sulit.

Oke, sekian tutorial singkat kali ini, biar bermanfaat! Terima Kasih!
Sumber https://teziger.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel