Perbedaan Wacom Intuos Draw, Art, Comic, Dan Photo (Ctl490 Dan Cth490) + Intuos 3D (Cth690)

 Siapa yang gres ingin menggeluti atau sekedar mencoba  Perbedaan Wacom Intuos Draw, Art, Comic, dan Photo (CTL490 dan CTH490) + Intuos 3D (CTH690)
Siapa yang gres ingin menggeluti atau sekedar mencoba digital art? Menciptakan suatu karya seni melalui proses digital. Atau kau ingin mulai mencar ilmu menciptakan komik? Setelah mencari rujukan sana-sini, niscaya kau sudah tidak absurd dengan nama Wacom. Wacom ialah salah satu merk yang memproduksi tablet grafis, atau biasa disebut juga pen tablet. Tablet grafis ini berfungsi sebagai pengganti mouse. Sehingga proses skething, digital painting, maupun coloring akan jauh lebih mudah. Itu alasannya ialah pen yang kita gunakan akan memperlihatkan sensasi menggambar ibarat memakai pensil, sehingga kita akan lebih gampang menggambar setiap detail yang akan sulit kalau kita hanya memakai mouse.

Di sini Akira akan membahas perihal perbedaan dari beberapa produk Wacom seri Intuos terbaru (v. 490). Wacom Intuos sendiri ialah seri tablet grafis dari Wacom dengan sasaran pengguna pemula hingga menengah. Harganya pun terjangkau. Sekitar 1 hingga 2 jutaan saja. Sangat cocok untuk kita yang gres ingin mencoba atau belajar. Akira tidak menyarankan bagi para pemula untuk membeli tablet grafis Wacom seri Intuos Pro, Cintiq, Cintiq Pro, dan seri lainnya yang ditujukan untuk pengguna menengah ke atas, hingga dengan para profesional. Kenapa? Salah satu alasannya, alasannya ialah harganya termasuk mahal. Antara mahal hingga mahal banget. wwkwkwkwk.. Kalau kau sudah berpenghasilan dari digital art, itu kisah lain.

Simak beberapa hal dibawah ini untuk memudahkan kau untuk menentukan produk Intuos mana yang paling cocok untuk kau masing-masing.


Pilih seri Wacom Bamboo atau Wacom Intuos?
Beberapa orang mungkin ada yang merekomendasikan Wacom Bamboo. Tapi perlu diketahui, Bamboo ialah seri lama, yang kini sudah digantikan dengan seri Intuos. Jadi, sudah niscaya kau harus menentukan Intuos (rekomendasi dari Akira hhehe...). Perlu diketahui juga, seri Intuos telah diperbaharui beberapa kali. Produksi paling terakhir ialah seri Intuos 490 yang dirilis tahun 2015. Seri terbaru ini pastinya lebih unggul dari produk produk pendahulunya, terutama pada pressure sensitivity-nya. Seri ini juga dibagi lagi ke dalam 4 produk; Intuos Draw, Intuos Art, Intuos Comic, dan Intuos Photo.

 Siapa yang gres ingin menggeluti atau sekedar mencoba  Perbedaan Wacom Intuos Draw, Art, Comic, dan Photo (CTL490 dan CTH490) + Intuos 3D (CTH690)
Wacom Intuos 480

 Siapa yang gres ingin menggeluti atau sekedar mencoba  Perbedaan Wacom Intuos Draw, Art, Comic, dan Photo (CTL490 dan CTH490) + Intuos 3D (CTH690)
Wacom Intuos 490 (newest)


Apa perbedaan antara Intuos Draw, Art, Comic, dan Photo?
Lucunya dari spesifikasi, tidak ada perbedaan sama sekali hhaha (lucukan?). Ukuran tabletnya pun sama, dengan active surface area 152 x 95 mm. Letak perbedaannya hanya ada pada bundle software yang didapatkan dan juga pilihan warna saja.

 Produk
PilihanWarna
Software Bundle
 Intuos Draw
white, mint blue
ArtRage Lite
 Intuos Art
black, mint blue
Corel Painter Essentials
 Intuos Comic
black, mint blue
Clip Studio Paint Pro, Smith Micto Anime Studio
 Intuos Photo
black
Paint Shop X8 (win), Macphun Creative Kit (mac), Aftershot Pro 2 (win & Mac)



Berapa harga Wacom Intuos versi terbaru (490) ini?
Harganya antara 1 hingga 2 jutaan. Tergantung siapa yang menjual hhehe.. Namun umumnya harga Wacom Intuos ini tidak akan lebih dari 2 juta.


Apa perbedaan antara Wacom Intuos CTL490 dan Intuos CTH490?
Dari produk-produk Intuos yang sudah dibahas tadi, dipisahkan lagi menjadi 2 kelompok, yaitu; CTL490 dan CTH490. CTL ialah versi murahnya, yang tidak mempunyai fitur multi touch. Sedangkan versi CTH yang dibandrol lebih mahal beberapa ratus ribu rupiah, sudah mempunyai fitur multi touch. Jadi, selain memakai pen, kau juga sanggup memakai jari kau pada tablet. Fitur ini memungkinkan kau melaksanakan pinch dengan jari untuk melaksanakan zoom in dan zoom out. Sama ibarat pada trackpad laptop.


Bagaimana cara menghunbungkan Wacom Intuos ke laptop atau komputer?
Caranya ialah dengan memakai kabel USB. Hubungkan kabel USB dari tablet ke port USB yang ada di laptop ataupun komputer. Dan pastikan juga kau menginstall driver Wacom Intuos yang kau dapatkan (kamu sanggup mendapat update driver terbaru di official web Wacom). Wacom juga menyediakan aksesoris yang memungkinkan kau menghubungkan tablet secara wireless. Namanya ialah Wacom Accessory Wireless Kit, yang sudah support disemua seri Wacom Intuos terbaru (490). Akesoris ini dijual terpisah, dengan harga yang dibandrol berkisar 400 ribu rupiah. Cukup mahal ya..

 Siapa yang gres ingin menggeluti atau sekedar mencoba  Perbedaan Wacom Intuos Draw, Art, Comic, dan Photo (CTL490 dan CTH490) + Intuos 3D (CTH690)
Wacom Accessory Wireless Kit (Bamboo & Intuos)


Alasan kenapa kau harus membeli Wacom Intuos versi terbaru...
  1. Memiliki pressure sensitivity yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya.
  2. Support multi touch (pada produk CTH490)
  3. Support Wacom Accessory Wireless Kit.
  4. Pen memakai teknologi Electromagtetic Resonance, sehingga tidak perlu memakai baterai lagi.
  5. Dilengkapi dengan 4 tombol shortcut yang sanggup disetting, yang terletak pada tablet.
  6. Desain gres yang elegan, dengan pilihan warna yang menarik.

Kesimpulan
Tidak perlu resah untuk memlilih Intuos mana yang ingin kau pinang. Karena letak perbedaan hanya pada bundle software dan pilihan warna saja. Software yang sanggup dipakai juga tidak terbatas dengan software yang kau dapatkan dari bundle produk Intuos. Kamu sangat bebas dan tetap sanggup memakai software lainnya. Contohnya saja SAI dan Photoshop. Semua spesifikasi antara Intuos Draw, Intuos Art, Intuos Comic, dan Intuos Photo ialah sama. Antara CTL490 atau CTH490, itu bebas pilihan kamu. Fitur multi touch ialah fitur tambahan yang sanggup kau miliki dengan cara menambah budget pembelian wwkwk.. Fitur multi touch ini tidaklah wajib untuk proses desain. Mungkin akan mempermudah proses berkarya kamu, namun tidak akan menghambat apa pun juga kalau Intuos kau tidak mempunyai fitur ini.


# Update #
Setelah beberapa waktu, ternyata Wacom menyediakan beberapa varian tambahan untuk produk Intuos miliknya. Simak warta updatenya di bawah ini.
  • Terdapat varian gres yaitu Intuos 3D, yang tersedia hanya dengan ukuran medium dengan active surface 216 x 135 mm. Pilihan warna hanya black. Dengan bundle software Pixologic's ZBrushCore 3D. Hanya tersedia model multi-touch dengan instruksi produk CTH-690. Untuk spesifikasi lain, tidak ada perbedaan dengan varian Intuos lainnya. Misalnya dalam pressure sensitivity, jumlah tombol shortcut (ExpressKeys), jenis pen, dan lain sebagainya. Harga pasaran online sekitar Rp. 3,000,000,-.
  • Untuk Wacom Intuos Art juga mendapat varian ukuran medium dengan active surface 216 x 135 mm. Harga pasaran online sekitar Rp. 2,800,000,-.
  • Penjelasan instruksi produk; CTL-490 ialah Intuos dengan ukuran small, tanpa multi-touch. | CTH-490 ialah Intuos dengan ukuran small, dengan multi-touch. | CTH-690 ialah Intuos dengan ukuran medium, dengan multi-touch. | Setiap instruksi produk akan selalu diikuti 2 karakter atau angka sebagai pembeda warna. Seperti misalnya xK untuk black dan xB untuk mint blue. Huruf x akan disesuaian dengan varian Intuos-nya. Seperti Ck untuk Intuos Comic warna hitam, Pk untuk Intuos Photo warna hitam, dan seterusnya. Untuk di Indonesia sendiri, tampaknya instruksi produk ini disederhanakan. Sehingga karakter tamat hanya terdapat instruksi untuk warna saja, sedangkan instruksi varian Intuos-nya diganti dengan angka "0". Misalnya Intuos Draw CTL-490/B0 atau Intuos Comic CTH-490/K0.
Baca Juga:
author: Akira Asayami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel