Cara Disable Klik Kiri Pada Paragraf Atau Bab Tertentu Postingan Blog

Cara Disable Klik Kanan  Pada Paragraf atau Bagian Tertentu Postingan Blog Cara Disable Klik Kiri  Pada Paragraf atau Bagian Tertentu Postingan Blog
Bagaimana cara mendisable klik kiri pada postingan blog? Namun pada bagian atau paragraf tertentu saja. Pasti pada awalnya kebanyakan blogger akan membuat postingan dengan tujuan membuatkan info pada para pembaca. Postingan ihwal teknologi, tutorial, game, novel dan lain sebagainya. Beberapa blogger berusaha mengumpulkan info dan rujukan dari banyak sekali sumber, sebelum risikonya mereka mengumpulkan bagian-bagian terpenting dan merangkumnya ke dalam satu postingan. Semakin banyak pembaca yang berdatangan, niscaya akan membuat sang penulis semakin bahagia dan bersemangat. Apa lagi kalau komentar-komentar aktual juga turut serta.

Namun masalahnya, ada beberapa blogger nakal yang dengan mudahnya menduplikat postingan hasil karya orang lain, tanpa memikirkan perjuangan dan waktu yang diharapkan seorang penulis untuk membuat suatu postingan yang bermutu. Nah, di sini sebagai blogger, kita sanggup melaksanakan perjuangan untuk memproteksi postingan yang sudah kita buat dengan susah payah. Salah satu caranya ialah mendisable klik kiri, untuk menghindari copas (copy-paste).

Sudah banyak para blogger yang membuat tutorial ihwal cara mendisable klik kiri pada seluruh postingan blog. Namun bagaimana kalau kita hanya ingin memproteksi bagian-bagian tertentu saja dari sebuah postingan, dan menunjukkan kebebasan padi para membaca untuk memakai sisanya? Contohnya saja postingan ihwal tutorial blog yang menyematkan script yang secara bebas sanggup di-copas untuk penggunaan orang banyak. Atau membuat postingan-postingan yang bebas di-copas, namun juga membuat beberapa postingan yang tidak bisa di-copas di dalam satu blog yang sama.


Cara Disable Klik Kiri  Pada Paragraf atau Bagian Tertentu Postingan Blog

Pertama, Akira akan menjelaskan cara kerjanya. Secara garis besar, urutan cara yang akan kita lakukan ialah menambahkan sebuah code CSS ke dalam template blog, yang lalu sanggup diaktifkan pada bagian-bagian tertentu dari sebuah postingan dengan cara menyisipkan code ke dalam postingan tersebut. Detailnya sanggup kalian baca di bawah:

1. Log-in dan buka dashboard blog.
2. Klik Theme.
3. Kemudian klik Edit HTML.
4. Cari code   ]]><b:/skin>
5. Letakan code ini di atasnya:

.noclick {
  -webkit-user-select:none;
  -khtml-user-select:none;
  -moz-user-select:none;
  -ms-user-select:none;
  user-select:none;
}

6. Klik Save theme. Selesai!

Kita telah berhasil memasukan code CSS ke dalam template. Cara untuk menerapkannya ke dalam sebuah postingan ialah dengan meletakankan code berikut di dalam mode html sebuah postingan.

<div class="noclick">

BAGIAN YANG DIPROTEKSI

</div>


= = = Contoh = = =

Mode HTML


<b>Ini ialah paragraf satu. Contoh paragraf yang tidak diproteksi. Dan sanggup dicopas oleh para pembaca lain.</b><br />
<br />
<div class="noclick">
<b>Ini ialah paragraf dua. Contoh paragraf yang diproteksi. Dan tidak sanggup dicopas oleh para pembaca lain</b></div>


HASIL

Ini ialah paragraf satu. Contoh paragraf yang tidak diproteksi. Dan sanggup dicopas oleh para pembaca lain.


Ini ialah paragraf dua. Contoh paragraf yang diproteksi. Dan tidak sanggup dicopas oleh para pembaca lain

(coba klik kiri dan lakukan blocking pada paragraf satu dan paragraf dua)

= = = = = = = = = =

Cara ini tidak hanya berlaku pada teks saja. Gambar di dalam sebuah postingan pun sanggup kau perlindungan dengan cara ini. Dan perlu diketahui juga, tidak ada suatu cara perlindungan yang sempurna. Semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, tidak ada salahnya kita untuk berusaha. Semoga bermanfaat! CIAO ^^

author: Akira Asayami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel