Pengertian Clock Speed Dan Cache Memory - Bapak Tenko

CLOCK SPEED


Clock Speed processor ialah kecepatan processor dalam melaksanakan proses data atau sanksi perintah yang dapat diselesaikan dalam waktu satu detik.
Misalnya Intel Pentium IV 1,6 GHz, berarti processor mempunyai kecepatan untuk sanksi sebesar 1600 juta dalam satu detik. Semakin besar nilai clock speed, semakin cepat processor tersebut menuntaskan pekerjaanya.

Nilai pada clock speed pada processor diperoleh dari hasil perkalian antara FSB dan multiplier yang ada pada motherboard.

CACHE MEMORY

Cache memory ialah jenis memori yang berukuran kecil tetapi mempunyai kecepatan sangat tinggi. Cache Memory terletak pada IC processor atau di erat processor.

Cache memory dipergunakan sebagai daerah penyimpanan sementara ( temporer ) intruksi dan data yang terakhir kali dipergunakan oleh CPU. Hal ini akan sangat berkhasiat untuk menghemat waktu dalam mengakses kembali arahan dan data tersebut. sewaktu arahan dan data dibaca atau ditulis pada memory, salinan beserta address pada memori akan disimpan pula pada cache. sehingga sewaktu data diharapkan maka processor akan membaca dari cache dan tidak akan mencari pada memori.

Proses ini akan sangat menghemat waktu dalam mengakses sebuah data. apabila dalam cache memory penuh maka akan secara otomatis ada data yang dihapus dan lalu digantikan dengan data yang terakhir digunakan oleh processor.
Sumber https://bapaktekno19.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel