8 Cara Ampuh Menghindari Hack Akun Facebook

 Cara Ampuh Menghindari Hack Akun Facebook 8 Cara Ampuh Menghindari Hack Akun Facebook
Bagaimana cara kita melindungi akun facebook dari hack? Jika kita lihat, kini semua hal sudah menjadi semakin canggih dan mudah. Contohnya saja kalau kita membahas wacana hack. Sekarang sudah banyak para hacker dan crakcer yang dengan mudahnya membuatkan teknik hack yang mereka ketahui kepada khalayak banyak. Akibatnya, orang-orang yang bahkan tidak mengerti kegiatan komputer pun sanggup melaksanakan hacking.

Beberapa teknik hack facebook pun sudah terlanjur tersebar luas di internet. Karena akomodasi yang ditawarkan, beberapa teknik hack akun facebook ini sering dipakai orang-orang hanya dengan alasan iseng atau coba-coba (sebagai contoh, menggunakan brute force attack). Namun jangan khawatir akan hal ini. Kita masih sanggup melawan teknik-teknik tersebut, dengan beberapa cara yang akan Akira bahas di bawah. Silahkan disimak ^^



1. Gunakan Password Yang Kuat
Password yang berpengaruh ialah proteksi utama akun facebook yang kita miliki. Namun masih banyak orang yang cenderung "tidak peduli" akan hal ini. Jangan pernah menggunakan password yang lemah ibarat 1111111, qwerty, tanggal lahir, kombinasi angka saja, kata-kata umum, ataupun password yang hanya terdiri dari abjad kecil saja.

Password yang kuat ialah password yang terdiri dari kombinasi angka, kombinasi abjad kecil maupun besar/kapital, dan simbol (optional). Namun password tetap harus gampang diingat oleh pemiliknya. Jangan kau menciptakan password yang terlalu rumit, yang menyulitkan kau untuk mengingatnya. Tipsnya ialah mengaitkan password yang kau buat dengan sesuatu. Contoh; gWk3renkan? , password tersebut ialah kalimat "gue keren kan?" yang sudah dimodifikasi. Tidak perlu terlalu rumit, penggunaan satu huruf kapital "W" angka "3" dan tanda tanya "?" sudah cukup untuk menangkal Brute Force Attack yang berusaha menebak password yang kau gunakan.


2. Jangan Menggunakan Password Yang Sama Untuk Berbagai Macam Akun
Beberapa orang juga melaksanakan kesalahan ini. Misalnya saja kau sudah memberi santunan yang cukup untuk akun facebook dan e-mail. Namun kau lalai ketika menggunakan akun friendster. Apa alhasil kalau ada yang membobol akun friendster milik kamu, dan ketika itu password yang kau gunakan ialah password yang sama untuk akun-akun milik kau yang lain? Maka, gunakanlah password yang berbeda untuk setiap akun. Dan, yang paling utama ialah password e-mail. Jangan hingga password e-mail kau serupa dengan password yang kau gunakan pada akun lain. Jangan takut untuk menulis password milik kau dan menyimpannya di daerah yang tidak diketahui orang lain. Karena akan sulit untuk menghafal banyak sekali password sekaligus.


3. Jangan Terima/Add  Friend Request Dari Akun Facebook Yang Mencurigakan
Jika ada friend request dari akun yang tidak kau kenal, maka lebih baik kau telusuri dulu akun tersebut sebelum menerimanya. Jumlah friend, mutual friend, info akun, history postingan/status, photo, dan lain sebagainya. Jika akun tersebut mempunyai history yang terlalu "bersih", hanya mempunyai 1 foto profile yang "menarik" namun tidak pernah diganti, maka lebih baik kau menolaknya. Akun sejenis ini biasanya akun palsu yang dibentuk untuk tujuan tertentu.


4. Ubah Pengaturan Privacy! Minimalkan Penampilan Info Akun Ke Publik
Buka setting akun pada facebook, dan ubah pengaturan tampilan dari beberapa hal yang berbahaya kalau ditampilkan ke publik. Misalnya nomor handphone, alamat, kode pos, tanggal lahir, dan lain sebagainya. Informasi tersebut sanggup dipakai untuk melaksanakan tindak kejahatan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka sanggup menggunakannya sebagai materi untuk melaksanakan hacking, hingga dengan penipuan. Maka ubah penampilan info tersebut dari publik ke private, atau minimal penampilan hanya ke sahabat saja (only friends).


5. Aktifkan Two-Factor Authentication Pada Security Setting
Two-Factor Authentication ialah fitur yang disediakan facebook untuk memkuat keamaan akun milik penggunanya. Fitur ini harus kau aktifkan sendiri (tidak otomatis). Di sana akan disediakan lagi banyak sekali pilihan dimana kau akan mendapatkan kode kedua yang diharapkan untuk melaksanakan log in facebook. Kamu sanggup menggunakan kode yang dikirim ke nomor hp-mu, menggunakan aplikasi code generator pada hp android, dan lain sebagainya. Cara ini sangat ampuh untuk mencegah para hacker atau teman kau yang iseng, untuk melaksanakan log in facebook menggunakan akun milik kamu. Bahkan kalau mereka sudah mengetahui password yang kau gunakan.


6. Jangan Asal Memberikan Alamat E-mail dan Password Dengan Alasan Apapun
Sekarang teknik Phising sudah semakin marak. Para hacker menjebak korbannya dengan mengelabui si korban untuk memperlihatkan alamat e-mail dan password miliknya secara suka rela. Contohnya saja registrasi untuk mengakses website tertentu, untuk mendownload suatu file, atau pesan melalui e-mail dengan iming-iming hadiah namun kau diharuskan memasukan e-mail dan password untuk mengklaimnya. Di facebook pun jangan pernah kau memperlihatkan password-mu kepada akun lain yang kau mengenalnya ataupun tidak.


7. Gunakan On-Screen Keyboard Untuk Memasukan E-mail dan Password
Saat kau melaksanakan log in facebook pada komputer yang bukan milik kau (misalnya saja di warnet), selalu gunakan On-Screen Keyboard untuk mengetik e-mail dan password. Cara ini efektif untuk menghidari pencurian password yang menggunakan software berupa keylogger. Software yang umum dipakai untuk merekam segala aktifitas keyboard. Jika kau melaksanakan input password melalui keyboard secara langsung, maka si pemasang keylogger dengan sangat gampang sanggup mengetahui password yang kau ketik dengan cara melihat history penggunaan keyboard.


8. Jangan Menggunakan WiFi Gratis Yang Tidak Jelas Asal Usulnya
Pengguna jaringan WiFi ialah target empuk untuk hack jenis sidejacking. Namun kalau memang ada WiFi gratis yang sanggup dipakai secara umum, maka untuk mengunakannya lebih baik kau menggunakan VPN dan tidak mengizinkan penggunaan cookies melalui http, dan selalu lakukan log off selepas penggunaan. Hal ini akan mempersulit para peretas yang berusaha memata-matai korbannya melalui jaringan WiFi.


Jangan biarkan akun facebook kau dihack! Mungkin kebanyakan orang hanya menggunakan facebook sebagai daerah chat dan bertukar informasi. Namun beberapa orang lainnya sudah menimbulkan akun facebook mereka menjadi sesuatu yang sangat penting dan harus dijaga dengan maksimal alasannya ialah beragai alasan. Mungkin alasannya ialah akun facebook yang mereka punya sudah mereka gunakan untuk pendaftaran di beberapa aplikasi tertentu (game, software komputer, aplikasi android, dll). Atau ada juga yang menggunakan facebook sebagai mediator jual beli online. Yang pastinya pemilik akun sejenis ini akan mengalami kerugian yang sangat besar kalau akun mereka terkena hack. Semoga artikel ini bermanfaat..

author: Akira Asayami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel