Rekomendasi Aplikasi Pembuat Mind Map Terbaik

Rekomendasi aplikasi pembuat mind map terbaik Rekomendasi aplikasi pembuat mind map terbaik

Apakah itu mind map? Mind map atau peta konsep merupakan sebuah citra perihal konsep terhadap suatu objek yang akan kita kerjakan. Pembuatan peta konsep, sanggup dengan metode apapun. Boleh itu dengan mencurahkan segala imajinasi kita atau menyeleksi terhadap ilham yang kita dapatkan.

Biasanya, seseorang menciptakan peta konsep dengan maksud untuk menciptakan ilham pokok terhadap suatu objek. Bisa itu terhadap buku, sanggup itu terhadap agenda pelajaran, sanggup itu daftar barang belanjaan, dan masih banyak lagi. Ide pokok tersebut dibentuk dengan mencantumkannya ke objek gambar pada peta konsep.

Secara konvensional, mind map sanggup dibentuk dengan tulis tangan. Bahkan, hingga kini masih banyak yang menggunakan cara ini. Misalnya, ketika seorang karyawan yang sedang melaksanakan presentasi dengan alat digital tetapi tetap dengan menggunakan alat tulis khusus. Itu yakni hal yang paling umum berdasarkan saya. Adapun seorang penulis buku yang mencantumkan ilham pokoknya dengan peta konsep pada satu kertas lembar.

Nah, di abad modernisasi ini, hal tersebut telah mulai berkembang. Sekarang sudah ada aplikasi-aplikasi untuk menciptakan mind map dengan gampang lewat digital. Seperti halnya tadi, ada yang lewat digital tapi tetap tulis tangan, adapun yang kita lakukan hanya perlu mengedit.

Lalu, apa sajakah aplikasi tersebut? Berikut ini yakni rekomendasi aplikasi untuk menciptakan peta konsep dengan mudah.

#1 Mindomo

Di urutan pertama, yang paling direkomendasikan. Aplikasi ini yakni aplikasi minmap creator yang diakses hampir di semua OS. Kelebihan dari aplikasi ini banyak sekali, loh. Pertama, aplikasi ini sanggup diakses di spek minimum. Dengan kata lain, aplikasi ini berukuran kecil dan sanggup digunakan spek rendah.

Kedua, aplikasi ini gampang dipakai. Baik itu di navigasi menu, baik itu tombol, dan semuanya. Ketiga, gratis. Sebenarnya aplikasi ini yakni aplikasi berbayar. Tapi, dengan fitur gratisnya pun anda sudah sanggup mencicipi bahwa aplikasi ini sudah sanggup digunakan dengan baik. Lalu, apalagi? Masih banyak lagi kelebihannya. Penasaran? Silakan download saja dengan aplikasi play store anda atau lewat situs web resminya.

#2 Simple Mind

Aplikasi ini, saya dapatkan dari playstore. Walaupun begitu, sehabis saya melihat situs resminya di “simplemind.eu”, saya melihat bahwa aplikasi ini sanggup diakses hampir di semua os. Fitur yang disediakan oleh simple mind, mungkin berbeda dengan mindomo. Tapi, ketika saya melihat tampilan hasil dari aplikasi tersebut, mind map tetap saja mempunyai tampilan yang sama.

Mungkin perbedaannya hanya ada pada warnanya. Jikalau pada aplikasi ini, simple mind mempunyai warna yang cenderung kontras. Adapun ukuran yang mindmap yang berbeda. Sepertinya, aplikasi ini memperlihatkan ukuran tak terbatas. Mengapa? Karena ketika saya melihat dengan seksama, semakin banyak kata-kata yang saya cantumkan, semakin besar ukuran mindmap tersebut.

#3 Mind Manager

Aplikasi ini yakni aplikasi mind map creator yang telah terintegrasi Microsoft suite. Jadi, aplikasi ini cocok sekali untuk para pelajar yang menciptakan hasil dari power pointnya terlihat menarik. Sebenarnya, aplikasi lainpun sanggup mengexport mind map menjadi bentuk docx atau ppt(Seperti Mindomo). Bedanya, aplikasi ini sudah terintegritas, sehingga kita akan lebih leluasa dalam pemakaian.

#4 Xmind

Aplikasi seharusnya saya cantumkan sebagai aplikasi terekomendasikan. Tetapi, saya turunkan ratingnya. Mengapa? Karena aplikasi tersebut tidak support terhadap windows 32bit. Bayangkan saja, pengguna windows 32bit, hingga kini masih banyak sekali. Terutama warung internet alias warnet. Sehingga, sudah niscaya ada beberapa orang yang kecewa dengan spek aplikasi ini.

Mungkin saja, dikemudian harinya xmind sanggup bermetamorfosis aplikasi yang lebih disukai oleh pengguna windows 32-bit.

Lalu, apa sih kelebihannya? Saat saya melihat referensi-referensi dari banyak sekali sumber, aplikasi ini memang bagus. Baik dari segi tampilan atau apapun. Bahkan, dalam pemakaiannya, ada aplikasi berbayar yang dipergunakan untuk lebih memuaskan pelanggan.

#5 Browser

Siapa sangka, coba. Browser sanggup kita pergunakan untuk menciptakan mindmap. Memangnya, bagaimana caranya? Caranya mudah, kita hanya perlu mengunjungi salah satu daftar situs dibawah ini. Lalu, kita ikuti petunjuknya dan kita mulai menciptakan mindmapnya. Praktis bukan? Lalu, apasajakah link tersebut? Berikut ini daftar url situs mind map creator.
  • bubbl.us
  • ideaflip.com
  • www.lucidchart.com
  • www.wisemapping.com; dan masih banyak lagi


#6 Microsoft Office (Word dan Power Point)

Aplikasi ini paling sering sekali kita gunakan untuk menciptakan mind map. Mengapa? Karena banyaknya style-style menarik untuk mind map yang akan kita buat. Saya sendiri mencicipi hal tersebut. Tampilan simple dan keren yang gampang dimengerti, menciptakan saya menjadi merasa ingin terus melihat mind map tersebut.

Walaupun begitu, aplikasi ini lebih cocok untuk digunakan dalam keperluan pembuatan peta konsep yang akan dicantumkan ke buku atau untuk digunakan dalam keperluan untuk presentasi saja. Untuk keperluan lainnya, saya sarankan untuk tidak menggunakan ini. Mengapa? Karena tampilannya yang tak cocok untuk hal-hal ibarat itu.

Nah, bagaimana kawan? Apakah anda sanggup menentukan pilihannya? Hmm.. Sepertinya sulit ya? Bagaimana tidak, saya sendiri merasa kesulitan untuk menentukan aplikasi-aplikasi di atas. Saya sendiri, pada ketika ini(membuat artikel ini, entah selanjutnya), menggunakan aplikasi mindomo dengan Microsoft Office.

Mengapa? Karena ada beberapa alasan yang saya ingin menggunakan ketiga aplikasi tersebut. Contohnya, jikalau saya menggunakan browser, maka kuota saya akan lebih terkuras. Sementara, saya memaketkan 3gb per bulan dengan kartu 3. Keperluan saya sendiri tidak hanya untuk menciptakan mind map, tetapi masih banyak lagi.

Hmmm... Sepertinya, cukup sekian saja artikel saya kali ini. Kunjungi juga artikel perihal aplikasi lainnya, ibarat aplikasi peningkat kinerja otak dan lainnya di blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda dan hingga jumpa di artikel lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel