Terbukti! Ini Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Smartphone Android

Bagi smartphone Android, koneksi internet bagaikan "panca indera". Karena tanpa koneksi ke dunia maya, simpel smartphone Android akan kehilangan fungsi dan sulit untuk digunakan. Coba kalian bayangkan jikalau di hape Android kalian tidak terkoneksi internet atau kuota internetnya habis ?

Salah satu yang bisa jadi hambatan dalam koneksi internet yaitu kecepatan. Jika koneksi lancar (dan cepat) tentu fungsi komunikasi jadi semakin baik dan nyaman. Sebaliknya, jikalau koneksi internet pada smartphone Android lambat atau terputus-putus, tentu akan mengganggu kenyamanan dan produktifitas. Apalagi jikalau kalian rutin browsing internet atau sekedar main di media sosial.
Itulah alasan smartphone Android membutuhkan koneksi internet yang cepat. Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mempercepat koneksi internet pada smartphone Android ? Jawabannya bisa kalian baca lewat klarifikasi Tekno Jempol berikut ini
Sebelumnya, kalian tidak perlu melaksanakan root pada smartphone. Kalian juga tidak perlu mengunduh script atau aplikasi khusus untuk mempercepat koneksi internet. Di sini hanya perlu memakai fitur-fitur yang sudah ada dalam smartphone kalian.

Pastikan berada di wilayah yang terjangkau sinyal jaringan operator seluler

Penting, jikalau ingin koneksi internet pada smartphone Android lancar, kalian harus berada di area yang terjangkau sinyal jaringan operatir seluler. Misalnya di sini Telkomsel, Indosat, XL, atau Smartfren. Bila berada diluar wilayah jangkauan sinyal jaringan operator, bisa dipastikan kalian tidak akan mendapat koneksi internet dan bahkan kalian akan kesulitan mendapat layanan selular lain dari operator.
Untuk mengetahui jangkauan sinyal operator sangat mudah. Kalian cukup melihat ikon notifikasi sinyal pada OS Android. Jika baris sinyal terlihat penuh atau hampir penuh, berarti smartphone tersebut sudah terjangkau jaringan operator. Tapi jikalau baris sinyal terlihat sedikit, ada baiknya kalian pindah ke area yang lebih terbuka ibarat halaman, lapangan, atau balkon. Biasanya, sinyal operator lebih gampang ditangkap di area yang tidak banyak penghalang semisal bangunan tinggi, pohon, dan tiang.
Sebaiknya juga kalian memakai gadget Android dalam posisi yang tidak banyak bergerak. Tujuannya semoga sinyal yang ditangkap lebih stabil sehingga koneksi internetnya lebih bagus. Jika memakai smartphone dalam posisi berjalan, mungkin sinyal yang kalian sanggup akan terasa naik turun dan koneksi internetnya tidak stabil.
Baca juga : Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet Dan Proses Download Pada UC Browser

Gunakan jaringan selular yang paling tinggi/terbaru/canggih

Jaringan selular generasi terbaru tentu memperlihatkan koneksi data dengan kecepatan tinggi. Saat ini, umumnya smartphone Android sudah mendukung standar jaringan selular modern ibarat 4G LTE atau 4G LTE Advanced. Secara teori, jaringan selular 4G bisa mencapai kecepatan download 100-1000 Mbit/s dan upload 50-500 Mbit/s. Jika smartphone kalian sudah mendukung jaringan 4G, sebaiknya diaktifkan saja. Namun, pastikan sinyal operator selular yang digunakan juga mendukung jaringan tersebut.
Selain jaringan 4G, ternyata banyak juga smartphone yang masih memakai jaringan generasi usang ibarat 3.5G (HSPA/HSPA+) dan 3G (UMTS/WCDMA). Jika sinyal operator di wilayah kalian masih menggukana jaringan 3.5G/3G, maka atur smartphone untuk memakai jaringan tersebut.
Perlu diketahui, di negara Indonesia ini, infrastruktur internetnya makin berkembang. Mengingat daerahnya yang berupa kepulauan, tentu ada tempat yang sudah sanggup menikmati teknologi 4G, 3.5G atau 3G. Namun, ada pula tempat yang hanya terjangkau jaringan selular generasi lawas semisal 2G (GSM/GPRS/EDGE). Kita berharap semoga pemerintah dan penyedia layanan internet segera membangun infrastruktur IT secara merata semoga layanan internet sanggup dinikmati oleh semua masyarakat.
Baca juga : 6 Cara Menghemat Baterai Pada Gadget Biar Tahan Lama

Tidak jauh dari sentra wifi/hotspot/access point atau mode tethering

Apabila tidak memakai koneksi data pada smartphone, kalian masih bisa tersambung pada hotspot atau jaringan wifi. Jaringan ini sanggup kalian temui pada tempat-tempat umum ibarat kantor, mall, sentra hiburan, kafe, dan lain sebagainya. Biasanya, layanan internet pada tempat tersebut tidak dipungut biaya (gratis).
Hanya saja, jikalau kalian memakai koneksi tersebut, sebaiknya berada pada jarak 10-50 meter dari sentra wifi. Sebab, pada jarak tersebut sinyal masih terasa stabil dan kemungkinan koneksi internet juga lebih bagus. Jika berada lebih dari 50 meter, mungkin sinyalnya tidak akan stabil.

Baca juga : Tips Aman Menggunakan Wifi di Tempat Umum

Matikan fitur penghemat baterai (jika ada)

Pada beberapa smartphone Android telah dilengkapi dengan fitur penghemat baterai. Fitur ini berfungsi untuk menghemat penggunaan daya baterai terutama dikala dayanya akan habis. Penghemat baterai akan bekerja dengan cara menurunkan fungsi kerja Android termasuk jaringan selular semoga tidak terlalu banyak menghabiskan daya baterai.
Oleh alasannya yaitu itu, semoga mendapat koneksi internet yang kencang, pastikan baterai smartphone Android kalian sudah terisi. Kalian juga bisa memakai power pack atau power bank jikalau baterai smartphone hampir habis dan tidak menemukan kontak listrik.
Baca juga : Inilah 10 HP Android Dengan Daya Tahan Baterai Super Lama

Aktifkan fitur penghemat data (jika ada)

Berbeda dengan penghemat baterai, kalau fitur penghemat data/kuota justru harus diaktifkan. Fitur ini akan melaksanakan penghematan berupa kompresi data dikala akan dimuat. Data yang sudah dikompresi akan lebih gampang dan cepat untuk dimuat sehingga tidak membebani koneksi internet.
Fitur penghemat data sanggup ditemui di beberapa aplikasi web browser ibarat UC Browser dan Google Chrome. Bagi kalian pengguna aplikasi ini, sebaiknya segera aktifkan fitur penghemat data. Selain menghemat data, fitur ini juga sanggup menghemat kuota alasannya yaitu tidak membebani bandwidth.
Baca juga : Begini Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Video Youtube

Gunakan layanan internet yang memadai

Umumnya, operator selular memperlihatkan layanan internet dalam beberapa paket tertentu. Sebelum memutuskan memakai paket tersebut, kalian wajib membaca ketentuan, spesifikasi, atau persyaratan dengan seksama. Jika salah menentukan paket internet, tentu kalian akan menanggung resikonya.
Saran dari Tekno Jempol, gunakan paket internet yang sesuai dengan kondisi smartphone dan budget yang kalian miliki. Jika punya biaya lebih dan smartphone canggih, kalian bisa berlangganan paket internet dengan layanan premium. Tentunya pada layanan premium memperlihatkan fitur yang lebih baik daripada layanan standar.
Satu lagi, jikalau kalian mengalami hambatan dikala memakai layanan internet tersebut, jangan segan-segan untuk menghubungi customer service yang tersedia. Hal ini juga untuk memastikan semoga tetap mendapat layanan koneksi internet yang prima. Laporan duduk kasus tersebut akan menciptakan operator selular untuk terus menjaga semoga kualitas layanan dan jaringannya tetap optimal.

Tidak membagi koneksi internet terlalu banyak

Terakhir, prioritaskan koneksi internet pada satu aplikasi semoga lebih stabil dan produktif. Jika dianalogikan, sebuah jalan yang ramai akan menciptakan kendaraan tidak bisa ngebut. Sebaliknya, jalanan yang lengang sanggup digunakan untuk memacu kendaraan sampai kecepatan tinggi.
Untuk mendapat koneksi internet yang cepat dan stabil, sebaiknya tutup aplikasi online yang tidak diperlukan. Misal, jikalau ingin streaming Youtube, sebaiknya aplikasi browser/chat dimatikan. Atau jikalau ingin mengunduh file besar, sebaiknya tidak sambil melaksanakan penggilan video.
Sebetulnya, kalian juga bisa melaksanakan 2 pekerjaan bersama pada smartphone ibarat bermain game online dan streaming Youtube. Namun, kalian mungkin tidak akan mendapat koneksi yang stabil.
Perlu diperhatikan pula, jaringan operator seluler juga sanggup mensugesti kualitas koneksi internet. Semakin banyak aktifitas dalam jaringan operator, maka layanan seluler ibarat koneksi internet bisa jadi melambat atau lemot. Cara mengatasi jaringan operator seluler yang lemot tentu sudah diluar urusan pengguna. Kita hanya bisa meminta operator untuk segera memperbaiki perangkat jaringan selular semoga bisa menangani banyaknya aktifitas pengguna.
Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi HP Lemot, Cocok Buat Android dan iPhone
Cara di atas sanggup kalian terapkan pada semua smartphone Android. Kalian juga bisa mengaplikasikan cara di atas pada IPhone atau smartphone platform yang lain. Silahkan mencoba cara di atas dan semoga bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel