Mengenal Bagian-Bagian Biola Untuk Pemula


BAGIAN-BAGIAN BIOLA

Biola ialah alat musik string yang dimainkan dengan cara digesek. Senar di biola ada 4 yaitu GDAE, senar G meurpakan senar yang paling rendah dan senar E ialah senar yang paling tinggi. Diantara keluarga biola ibarat Violin (Biola), Viola (Biola Alto), Cello, dan Double Bass (Kontra Bass), Violinlah yang mempunyai nada yang paling tinggi.

Biola mempunyai beberapa bagian/komponen yang sangatlah besar lengan berkuasa terhadap bunyi maupun kualitas biola tersebut. Contohnya ialah Sound Post biola.Soundp Post biola disini berperan sebagai penghantar getaran bunyi yang diterima dari hasil goresan antara senar dengan bow.

Biola tidak akan berbunyi bila tidak ada Sound Post maupun salah satu komponen yang rusak. Karena intinya semua komponen yang ada di biola sangatlah penting.

Nah, kali ini aku akan membuatkan sedikit ilmu wacana cuilan bagian biola dan manfaat buat biola itu sendiri. Bagian-bagian biola sudah aku jelaskan di postingan sebelumnya. Mari kita bahas satu per satu.
Baca juga: Cara Memilih Biola Untuk Pemula



Fine Tuning beguna sebagai peyetem nada. Fine Tuning terletak di Tail Piece. Biasanya terbuat dari logam maupun plastik. 

Fine Tuning dari logam maupun plastik masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Fine Tuning yang terbuat dari logam memang tahan usang tetapi cepet berkarat, begitu pula sebaliknya yang terbuat dari plastik.

4. Bridge


https://kompitehno.blogspot.com/search?q=bagaimana-cara-memilih-biola-bagi-pemula


Neck biola atau leher biola terbuat dari kayu yang diletakan di belakang Fingerboard. Neck mempunyai fungsi menahan Fingerboard dan daerah meletakan ibu jari untuk membantu menahan beban biola.

Baca juga: Cara Merawat Biola

8. Tuning Peg


https://kompitehno.blogspot.com/search?q=bagaimana-cara-memilih-biola-bagi-pemula

Empat kayu kecil yang berfungsi sebagai penyetem nada. Selain sebagai penyetem biola, Tuning Peg juga berfungsi sebagai pengencang dan penahan senar biola.

9. Scroll


https://indonesian.alibaba.com/promotion/promotion_violin-neck-promotion-list.html

Scroll atau ekor biola tidak begitu besar lengan berkuasa terhadap biola. Scroll berfungsi sebagai hiasan dan sebagai media untuk menggantungkan biola.

mungkin sekian untuk postingan kali ini. Apabila ada kesalahan silahkan kirim Kritik dan Sarannya di kolom komentar cuilan bawah.

TERIMAKASIH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel