Fakta Menarik Orang Kidal


Seringkali kebanyakan orang memakai tangan kanannya untuk melaksanakan banyak sekali aktivitas, namun ada beberapa orang di dunia ini yang lebih nyaman memakai tangan kiri untuk melaksanakan banyak sekali aktivitas. Namun di beberapa budaya menyerupai di indonesia ada yang menganggap bahwa melaksanakan acara dengan tangan kiri atau yang biasa disebut kidal ini yaitu sesuatu yang tidak normal. Namun, bagaimanakah ilmu pengetahuan memandang fenomena kidal?

Menurut The Left Hander Club (organisasi orang kidal) menyampaikan bahwa kidal itu bukanlah sebuah kelainan, melainkan keunikan. Menurut Fabiola Priskila, psikolog anak dan dewasa kidal terjadi bila otak kanan lebih secara umum dikuasai daripada otak kirinya. Otak kanan mengatur badan bab kiri sedangkan otak kiri mengatur badan bab kanan, termasuk tangan. Berarti orang kidal lebih secara umum dikuasai otak kanannya

Akibat didominasi oleh otak kanan maka orang cenderung lebih kreatif daripada orang dengan tangan kanan. Otak kiri mengatur hal yang berafiliasi dengan logika otak kanan mengatur hal yang berafiliasi dengan abnormal menyerupai seni, bahasa, musik dan emosi.

Setiap hal mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan orang kidal. Orang kidal biasanya lebih sensitif. Mereka juga cenderung kurang percaya diri, apalagi jikalau lingkungannya tidak menerimanya sebagaimana adanya. 

Jika anda kidal, maka terimalah keadaan anda apa adanya, jangan sekali-kali memaksa untuk menjadi pengguna tangan kanan. Jika dipaksa, hal itu sanggup memperburuk kondisi psikologi anda. Karena biasanya orang renta akan membentak sang anak jikalau melaksanakan sesuatu dengan tangan kiri. Hal inilah yang akan menciptakan anak berkurang rasa percaya dirinya, sehingga akan selalu takut jikalau ingin berbuat sesuatu. 

Kidal yang dipaksa menjadi pengguna asisten ternyata juga sanggup menjadikan seseorang menjadi gagap. Ada satu kasus yang dialami oleh raja inggris King George VI yang jadi gagap dan diseleksia akhir dipaksa memakai tangan kanan, padahal sebetulnya ia kidal

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel