Cara Menyetel Klep Motor Manual Maupun Matic Yang Benar


Semakin hari perkembangan dunia otomotif terus berkembang pesat, dan modelnya bermacam-macam apalagi motor zaman kini sudah injection semua. Motor carburator sudah tidak ada keluaran terbaru lagi. Kita harus tau cara perawatan dan juga memperbaikinya.

Pada dunia otomotif Klep/valve adalah belahan terpenting bagi sebuah kendaraan atau mesin yang di mana cara kerjanya mengatur pembakaran yang ada di sebuah mesin. Klep motor juga ukuranya tidak sama semua sebab ukuran klep tergantung CC dari sepeda motor tersebut.

Klep motor itu sendiri terbuat dari materi yang keras serta gampang untuk menghantarkan panas. Hal ini dikarenakan klep motor harus tahan terhadap suhu tinggi ketika mesin hidup dan juga terhadap mesin berjalan jauh serta beban berat.

Baca Juga: Situs Trading BTC 

Fungsi penyetelan klep pada motor, untuk menciptakan kondisi mesin tetap stabil atau tenaganya tetap ada dan tarikannya tetap enteng. Gerakan klep yang naik turun bila ada kerenggangan sedikit akan menjadikan dilema pada sebuah mesin.

Mesin yang jarang di setel klep pada motor, biasanya bersuara bisik dan juga tenaganya tidak ada ketika di gerakan. Menyetel klep motor juga harus sesuai dengan hukum yang di perbolehkan jangan terlalu kencang juga jangan terlalu kendor. Kalau penyetelan salah sedikit motor tidak mau hidup bahkan pengaturan materi bakar tidak akan stabil.

Langkah langkah menyetel klep motor sebagai berikut:

  1. Siapkan alat-alat yang di butuhkan ibarat nampan, feeler gauge, kunci sok dan sebagainya.
  2. Buka tutup klep yang IN dan EX .
  3. Biar gampang melihat titik TMA/Top kompresi, buka juga tutup lubang kecil yang ada di kolam magnet.
  4. Putar magnet secara perlahan dari kanan ke kiri, lihat dulu posisi pelatuk klep IN  kalo udah kebawah kembali lagi ke atas eksklusif liat ke kolam magnet nya lagi dan cari tanda T/top kopresi/TMA (titik mati atas).
  5. Kalo sudah ketemu garis T cek juga belahan pelatuk klep IN dan pelatuk klep EX dengan cara digoyangkan ke kanan dan ke kiri  kalo goyang brarti klep sudah siap untuk di setel.Gunakan feeler gauge untuk pengukuran  yang lebih tepatnya. Dan caranya harus baik juga jangan hingga salah menggunakannya.


Ukuran dari kerenggang an pengaturan klep Sebagai berikut:

Motor Bebek :     

  • IN: 0,04mm
  • EX:0,08mm

Motor Sport :

  • IN:0,05mm
  • EX:0,10mm

Motor Fu:

  • IN:0,08mm
  • EX:0,13mm


Setelah penyetelan klep akibat motor akan tetap prima tenaga enteng dan juga pembakaran tepat itu akan menambah hemat materi bakar. Dan bunyi mesin akan halus, bunyi tik-tik pada mesin akan hilang.

Lakukan penyetelan klep setiap servis, itu akan menambah performa dan mesin akan stabil. Selain penyetelan klep juga harus memperhatikan perawatan busi itu juga mensugesti tenaga motor,karena hasil pembakaran yang tidak tepat juga akan menambah boros sepeda motor.

Penutup

Itulah gosip yang dapat Penulis sampaikan pada kesempatan kali ini, agar gosip ini menjadi bermanfaat dan gampang di pahami. Bagi yang masih galau dengan cara menyetel klep dapat membacanya dengan teliti terlebih dahulu.



Sumber https://idalponse.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel