Aki Beat Soak? Ganti Yang Baru

Bulan ini aku menyempatkan mengganti Aki motor Beat FI yang sudah soak alias sudah tak bisa menunjukkan daya saat memakai elektrik stater... Dengan teknologi kini dan sistem materi bakarnya sudah memakai injeksi maka aki yang dipakai juga sudah lebih baik lagi yaitu jenis aki yang di pakai yakni jenis aki kering (MF Battery – Maintenance Free).



Aki MF mempunyai performa lebih baik dan yang niscaya bebas perawatan berbeda dengan aki lembap yang harus mengecek kondisi air aki secara berkala... Dari pabrikan aki kering bergotong-royong tidak bisa di perbaiki saat umur aki sudah melewati batas alias sudah soak... Mau ga mau harus mengganti yang gres untuk mendapat hasil performa yang lebih baik...

Harga yang cukup terjangkau untuk sebuah aki kering sepeda motor beat fi kisaran 150-300rb tergantung berpengaruh arus yang di hasilkan... Di sarankan untuk mengganti yang gres saat sudah soak... Sebenarnya untuk aki kering yang sudah soak bisa di perbaiki kembali akan tetapi tidak di anjurkan Selain itu juga umur pakainya tidak awet...



Saya langsung lebih menentukan untuk mengganti aki kering yang baru... Aki Honda Beat FI bawaan pabrik memakai aki GS astra tapi berhubung aki bawaan motor mati total tanpa sebab, aku jadi menentukan aki brand Yuasa... Aki Yuasa ini bergotong-royong juga di gunakaan di motor Vario tekno alias vario lama... Untuk keawetan aki bergotong-royong tergantung dari perawatan yang benar...

Ada perbedaan anatara aki beat FI usang dengan Beat FI ESP atau Beat FI gres yaitu dari berpengaruh arus... Kaprikornus perlu di ingat saat mengganti aki Beat FI ESP harap memperhatikan berpengaruh arus yang di hasilkan oleh aki... Untuk Beat FI usang aki yang di gunakan berkisaran 3A dan aki Beat FI ESP memakai 5A lantaran sudah memakai sistem elektrik stater magnet....

Berikut yakni harga eceran tertinggi untuk aki aki sepeda motor: Harga bisa berubah rubah..

Merek / Type Spesifikasi Kisaran Harga

GS PREMIUM GTZ5S
Rp 150.000,-

YUASA YT7-C (YB5L-B)

12 V, 6 Ah
Rp 170.000,-

YUASA YTZ5-S

12 V, 3.5 Ah
Rp 205.000,-

G-FORCE GTZ7-S / YTZ7-S

12 V, 5,5 Ah
Rp 225.000,-

G-FORCE GM7A-4B / YTX7A-BS

12 V, 6 Ah
Rp 235.000,-

YUASA YTZ6-V

12 V, 5 Ah
Rp 245.000,-

G-FORCE GM9-4B / YTX9-BS

12 V, 8 Ah
Rp 290.000,-

G-FORCE GM12-BS / YTX12-BS

12 V, 10 Ah
Rp 375.000,-

G-FORCE GM14-BS / YTX14-BS

12 V, 12 Ah
Rp 420.000,-

YUASA YTX7L-BS

12 V, 6 Ah
Rp 440.000,-

Agar aki kering sepeda motor abadi maka perlu melaksanakan perawatan seperti:

1. Menghidupkan sepeda motor setiap hari jangan membiarkan sepeda motor mati dalam 2x24 jam lantaran aki akan menjadi cepat soak... Bila meninggalkan sepeda motor untuk waktu yang usang sebaiknya melepas konektor aki biar aki tidak tekor..
2. Menjaga kebersihkan aki dari abu atau kerak yang terdapat pada konektor aki,, hal ini bisa menyebabkan aki kering lebih cepat memicu kerusakan alias mati total..
3. Selalu memakai elektrik stater untuk merawat aki dan menjaga supaya aki tetap fit..
4. Jangan memakai aksesoris menyerupai lampu dengan daya watt yang melebihin kapasistas standart.. Jangan memakai aksesoris menyerupai mengganti klakson standart dengan klakson variasi...

Oke bro sis cukup sekian unek unek dan curhatan dari saya..


Sumber https://iyaora.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel