Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing Ke Level 100 Di Skyrim

Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level  Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level 100 Di Skyrim
Smithing yakni skill yang diharapkan untuk menciptakan & meng-upgrade senjata ataupun armor menggunakan raw material. Semakin tinggi skill Smithing yang dimiliki, maka akan semakin besar lengan berkuasa juga senjata atau armor yang sanggup dibuat. Upgrade pada weapon dan armor pun akan menjadi lebih kuat, alasannya yakni untuk meng-upgrade senjata pada tingkat tertinggi memerlukan skill Smithing yang juga tinggi. Mungkin kau tidak membutuhkan skill Smithing di awal hingga pertengahan game di Skyrim. Namun di late-game dikala Dragonborn sudah berlevel tinggi, kau akan mulai sadar bahwa skill Smithing sangat kau butuhkan. Karena kau membutuhkan senjata yang powerful untuk melawan musuh-musuh yang juga powerful.

Di sini Akira akan membahas bagaimana cara grinding skill Smithing yang cukup efektif dan cepat. Kenapa grinding? Karena cheat hanya untuk orang lemah.. BWAHHHAHA..

Untuk Skyrim patch awal, exp yang didapatkan dari proses smithing yakni flat. Makara apapun jenis senjata atau armor yang kau buat, exp yang didapatkan tetaplah sama. Sehingga banyak player yang menggunakan cara spamming iron dagger, alasannya yakni iron dagger yakni item termudah yang sanggup dibentuk dengan material yang juga gampang untuk dicari. Dan dulu cara ini sangat efektif. Tapi sehabis update patch terbaru, cara ini sudah tidak berkhasiat lagi untuk grinding skill Smithing ke level 100. Yang awalnya kau hanya perlu menciptakan sekitar 400 iron dagger, kini kau harus menciptakan sekitar 2400 iron dagger untuk mencapai level 100 Smithing. Wew.. Karena exp yang didapatkan akan bergantung dengan value (nilai barang) dari item yang kau buat. Semakin mahal, maka semakin tinggi exp yang kau dapatkan.


Cara tercepat meningkatkan Smithing Ke Level 100

Boost Exp
Sangat amat disarankan untuk melaksanakan boost exp, biar proses leveling menjadi lebih cepat. Material yang dibutuhkan untuk smithing pun akan lebih sedikit. Beberapa cara untuk melaksanakan boost exp, diantaranya:
  1.  Aktifkan Warrior's Stone untuk mendapat boost exp Smithing (dan beberapa skill lainnya) sebanyak 20%.
  2.  Jika sudah memiliki Aetherial Crown, aktifkan juga Lover Stone untuk boost exp 15%.
  3. Tidur (di atas daerah tidur) untuk mendapat boost exp antara 5% sapai 15%. Kasur orang lain, rested 5%. Kasur di rumah sendiri atau Inn, Well Rested 10%. Kasur di daerah yang sama dengan pasangan (jika sudah menikah), Lover's Comfort 15%.
  4. Dan beberapa cara lainnya yang mungkin tidak disebutkan di sini...
Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level  Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level 100 Di Skyrim
Lokasi Warrior's Stone


Level 1 30
  1.  Kunjungi bandit camp berjulukan Halted Stream Camp di arah utara dari Whiterun.
  2.  Dapatkan spell tome berjulukan Transmute Mineral Ore (atau nama lain yang serupa). Lokasinya ada ruang utama. Di atas meja, sebelah Boss chest.
  3.  Saat berada di daerah ini, tambang semua ore vein menggunakan pickaxe (lebih baik menggunakan 2 pickaxe secara dual-weilding).
  4.  Setelah iron ore terkumpul, gunakan transmute spell yang kau dapatkan tadi untuk merubah iron ore menjadi silver ore, lalu menjadi gold ore (cara ini akan meningkatkan juga skill magic Alteration). Jika magika telah habis, percepat waktu selama 1 jam. Terdapat juga sebuah tambang berjulukan Kolskeggr Mine, di sana kau sanggup menambang gold ore yang banyak.
  5.  Setelah gold ore terkumpul, cari smelter untuk merubah gold ore menjadi gold ingot.
  6.  Buatlah gold ring, hingga kau mencapai level 30. Exp dari pembuatan gold ring tidak mengecewakan besar. Optional, lakukan enchant pada gold ring untuk meningkatkan juga skill Enchanting. Jual gold ring setelahnya. Kamu juga akan mendapat gold yang cukup banyak.
  7.  Jika kau memerlukan lebih banyak gold ore, pergi ke Iron-breaker Mine di Dawnstar. Di sana kau akan mendapatkannya iron ore yang banyak. Kemudian gunakan lagi transmute spell untuk merubahnya ke silver ore, lalu ke gold ore.
Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level  Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level 100 Di Skyrim
Lokasi Halted Stream Camp
Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level  Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level 100 Di Skyrim
Lokasi Kolskeggr Mine


Level 30+

Selamat kau sudah mencapai level 30. Walaupun kau tetap sanggup melanjutkan grinding dengan cara menciptakan gold ring yang banyak, namun ada cara lebih cepat untuk yang sanggup kau lakukan sehabis mencapai titik ini. Tapi pastikan kau mengambil perk Dwarven Smithing di sini.
  1.  Sekarang mulailah menjelajah Dwarven ruin untuk mengumpulkan Dwermer scrap metal, yang nantinya akan kau ubah menjadi Dwarven ingot. Ajak juga follower untuk membawa lebih banyak Dwermer scrap metal alasannya yakni item ini cukup berat.
  2.  Cari smelter untuk merubah Dwermer scrap metal menjadi Dwarven ingot.
  3.  Buatlah Dwarven bow sebanyak mungkin. Kamu hanya membutuhkan 2x Dwaraven ingot & 1x Iron ingot. Kenapa Dwarven Bow? Karena item ini yakni item paling valuable diantara Dwarven item lainnya. Artinya, lebih banyak exp.
  4.  Jangan lupa untuk meng-upgrade setiap Dwarven bow yang kau buat menggunakan grindstone, untuk mendapat lebih banyak exp. Kamu hanya membutuhkan 1x Dwarven ingot untuk meng-upgrade. Total exp yang kau dapatkan akan lebih banyak, dan harga jualnya juga akan semakin mahal.
* Kamu sanggup meneruskan cara ini hingga level 100 Smithing. Cara ini termasuk cepat.
* Direkomendasikan untuk menjalankan quest Lost to the Ages (quest dari dlc Dawnguard) sehabis Smithing sudah mencapai level 30.



Alternatif High Level

Jika kau sudah mencapai level Smithing yang lebih tinggi, kau sanggup meng-upgrade setiap armor (menggunakan wokrbench) atau weapon (menggunakan grindstone) yang mahal untuk mendapat exp lebih banyak. Harganya akan naik 50% dikala di-upgrade ke Exquisite (level 40 dengan perk). Dan nilainya akan digandakan bila di-upgrade mencapai Legendary. Efek ini akan berlipat ganda bila kau menggunakan Fortify Smithing potion atau kau menggunakan equipment yang mempunyai Fortify Smithing enchatment.

Kamu sanggup meng-upgrade setiap unique weapon atau armor yang kau punya, dan tentunya kau juga harus membuka perk yang diperlukan. Kamu juga sanggup membeli setiap armor atau weapon yang mahal, meng-upgrade-nya, lalu menjualnya kembali.

*         *         *         *         *


Ingat, Boost exp sangatlah penting untuk memangkas waktu grinding secara signifikan. Sehingga kau tidak perlu mencari lebih banyak material yang dibutuhkan. Dan, untuk boost exp yang didapatkan dari tidur, hanyalah bersifat sementara. Makara pastikan ability ini masih aktif sebelum kau melaksanakan proses smithing.

Author: Akira Asayami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel