Cara Unpack Repack/Bongkar Boot.Img Tanpa Pc.

Cara Unpack Repack/Bongkar Boot.img Tanpa PC, yang akan saya bagikan kali ini buat anda yang gemar melaksanakan porting custom rom namun tidak mau ribet memakai PC atau Laptop. Makara  tutorial ini memungkinkan anda untuk melaksanakan semuanya dari hp android anda sendiri dan hal ini cukup simpel dan gampang untuk di lakukan, tinggal baca dan cermati setiap langkah-langkah yang ada di bawah ini, dan saya yakin anda akan berhasil melakukannya. Sebelum kita lanjutkan tutorial Cara Unpack Repack Boot.img, ada baiknya kita ketahui sedikit apa itu Boot.img dan kenapa harus di Unpack, Repack atau di bongkar kemudian di Pack/bungkus kembali.

Apa Itu Boot.img

Boot.img yaitu versi kernel yang terdapat pada sebuah smartphone android yang berfungsi untuk meload framework yang ada di dalam smartphone tersebut. Makara Boot.img ini sangat berperan penting atau boleh di katakan sebagai jantung dari sebuah smartphone android, dan setiap versi smartphone android mempunyai Boot.img yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya walaupun diantara smartphone tersebut mempunyai versi android yang sama.

Disini saya coba kasih contoh: Misalkan smartphone A mempunyai versi android 5.1 (Lollipop) dengan chipset Mediatek MTK. 6592 dan smartphone B mempunyai versi android yang sama pula yaitu 5.1 (Lollipop) dengan chipset Mediatek MTK. 6592, namun di antara kedua smartphone tersebut belum tentu mempunyai Boot.img yang sama. 

Maka dari itu apabila kita pingin melaksanakan porting biar rom dari smartphone B sanggup di gunakan di smarphone A, maka sesudah porting kita juga harus melaksanakan Unpack Repack/Bongkar Boot.img kedua smartphone tersebut biar rom yang kita porting sanggup booting di smartphone A.

Jika tidak maka Boot.img tidak biasa melaksanakan startup atau gagal meload framework yang telah kita porting tadi dan menjadikan smartphone melaksanakan boot berulang-ulang atau biasa di kenal dengan istilah bootloop. Lalu bagaimana cara melaksanakan Unpack Repack Boot.img? Silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah Melakukan Unpack Repack/Bongkar Boot.img Tanpa PC.

Sebenarnya untuk melaksanakan Unpack Repack Boot.img caranya cukup gampang dan simpel sekali, lantaran kita hanya memanfaatkan sebuah aplikasi yang berjulukan Unpack/Repack Img, dan aplikasi ini cara kerjanya juga terbilang cukup mudah, lantaran kita hanya mengikuti menu-menu yang telah ada di dalamnya. Dan dengan aplikasi ini saya yakin anda pribadi sanggup melakukannya di android anda. Tanpa perlu ribet memakai santunan PC/Laptop. 

Oke.. Dari pada ingin tau maka kita pribadi saja ke step-stepnya di bawah ini, tapi sebelumnya saya persilahkan untuk download dulu aplikasi di bawah ini :

▪️ Unpack Repack Img. Apk. Silahkan anda cari dan download di google, atau sanggup pribadi download kelink ini [Unpack Repack Img], lantaran aplikasi ini kayaknya tidak ada di Playstore.

▪️ Root Explorer. Apk. Silahkan anda download pribadi di play store.

Apabila kedua aplikasi di atas sudah terinstal di smartphone anda, maka kini tahapan untuk kita melaksanakan Unpack Repack/Bongkar Boot.img. Silahkan anda simak langkah-langkahnya di bawah ini. 

▪️ Buka aplikasi Root Xplorer dan buatkan sebuah folder gres di SDcard dengan nama "BOOT", nah..  di dalam folder BOOT tersebut buatkan juga empat buah folder gres dengan nama BASE, PORT, UNPACK, HASIL. Coba lihat gambar di bawah ini:

yang akan saya bagikan kali ini buat anda yang gemar melaksanakan porting custom rom namun ti Cara Unpack Repack/Bongkar Boot.img Tanpa PC.
Gambar Dokumen Pribadi

▪️Di dalam folder UNPACK yang barusan anda buat tadi, buatkan lagi dua buah folder gres dengan nama BASE dan PORT. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar di bawah ini :

yang akan saya bagikan kali ini buat anda yang gemar melaksanakan porting custom rom namun ti Cara Unpack Repack/Bongkar Boot.img Tanpa PC.
Gambar Dokumen Pribadi

▪️ Copy "Boot.img BASE" atau stock  dan letakan di dalam folder BOOT ➡️ BASE, demikian juga dengan Boot.img PORT, copy dan letakkan di dalam folder BOOT ➡️ PORT. Nah… sesudah kedua file Boot.img sudah anda letakan dalam foldernya masing-masing maka tahapan selanjutnya yaitu: 



Buka aplikasi Unpack Repack Img yang telah anda instal tadi dan langkah pertama yang kita lakukan yaitu UNPACK Boot.img BASE, caranya sebagai berikut :

▪️Klik Search,  pada kolom "Enter the Boot.img path" dan pilih folder BOOT➡️BASE kemudian pilih boot.img. maka jadinya menyerupai pola dibawah ini:

/storage/sdcard0/BOOT/BASE/boot. img

▪️Untuk menaruh hasilnya, Klik Search,  pada kolom "Enter the Image Unpack Path" dan pilih folder BOOT ➡️ UNPACK ➡️ BASE. maka jadinya menyerupai pola di bawah ini:

/storage/sdcard0/BOOT/UNPACK/BASE. Selanjutnya klik Star. 

Setelah melaksanakan UNPACK Boot.img BASE maka selanjutnya kita akan melaksanakan UNPACK Boot.img PORT, caranya yaitu sama menyerupai cara UNPACK Boot.img BASE cuman kali ini yang kita pilih yaitu Boot.img PORT. Biar tidak galau berikut ini sedikit saya jelaskan caranya. Caranya sama saja kok, tinggal ikuti menyerupai yang di bawah ini. 

▪️Klik Search pada kolom "Enter the Boot.img path" dan pilih folder BOOT ➡️ PORT kemudian pilih boot.img. Jadikan menyerupai pola di bawah ini:

/storage/sdcard0/BOOT/PORT/boot.img

▪️Klik Search,  pada kolom "Enter the Image Unpack Path" dan pilih folder BOOT ➡️ UNPACK ➡️ PORT. Jadikan menyerupai pola di bawah ini:

 /storage/sdcard0/BOOT/UNPACK/PORT.
selanjutnya klik Start

Setelah selesai  UNPACK, maka tahap berikutnya kita melaksanakan REPACK terhadap Boot yang kita bongkar tadi, caranya :

▪️ Pada kolom "Enter the cmdline" isikan dengan cmdline. 

▪️ Pada kolom "Enter the kernel base" isikan dengan 1000000.

▪️ Pada kolom "Enter the pagesize" isikan dengan 2048.

▪️ Pada kolom "Enter the kernel path" klik Search dan cari folder "BOOT/UNPACK/BASE/boot.img-zImage."

▪️ Pada kolom "Enter the Ramdisk path" klik Search dan cari folder "BOOT/UNPACK/PORT/boot.img-ramdisk.gz"

▪️ Pada kolom "Enter the Out Img Path" klik Search dan cari folder BOOT/HASIL kemudian klik Start.

Sampai pada tahap ini maka proses Unpack Repack Boot.img telah selesai. Silahkan anda lihat kesudahannya di folder BOOT ➡️  HASIL. 

Sebenarnya cara Unpack dan Repack Boot.img ini cukup gampang dan simpel, namun terkadang lantaran kita tidak konsentrasi dalam membaca tutornya di blog maka hal yang simpelpun akan terasa sulit. Makara saran saya, sebaiknya baca dan cermati dengan baik setiap langkah-langkahnya diatas, biar di ketika anda mencoba pribadi berhasil. 

Sebab file boot.img ini nanti akan  kita replace dengan boot.img yang telah ada di rom yang akan kita flash nanti. Makara apabila anda gagal dalam melaksanakan Unpack Repack ini, maka saya jamin anda tidak akan berhasil flash rom nantinya. 

Jadi harap di baca baik-baik, kalau perlu di ulang-ulang sampe benar-benar paham dengan maksud dari tutorial diatas. Nah, untuk cara replacenya, anda sanggup baca artikel berikutnya di bawah ini:


Oke..sobat androiders, itulah postingan saya perihal Cara Unpack Repack/Bongkar Boot.img Tanpa PC. Mudah-mudahan apa yang telah saya tulis sanggup memberi manfaat buat teman-teman yang gemar atau gres akan memulai porting custom rom. Silahkan like dan share apabila artikel ini bermanfaat buat anda. Akhirnya goresan pena ini saya akhiri hingga di sini. Good Luck..!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel