Pengertian Balancing Otc Atau Finish Balance
Pengertian finish balance - On the car wheel balancing atau yang sering disebut dengan istilah balancing OTC atau finish balancing yaitu salah satu metode melaksanakan balancing atau menyeimbangkan putaran ban dan velg yang dikerjakan eksklusif pada roda kendaran.
Berbeda dengan balancing biasa yang harus melepas roda kendaraan dan memasangkan roda - roda tersebut ke mesin balancing.
Pada OTC blancing ini, yang di hitung yaitu keseluruhan beban yang ada pada poros roda kendaraan, termasuk didalamnya yaitu cakram rem kendaraan beroda empat maupun dudukan roda meskipun timah pemberat dipasangkan pada velg sehingga keseluruhan poros pencetus menjadi seimbang putarannya.
Hal ini tentu berbeda dengan balancing biasa yang prosesnya harus melepas roda dan memasangkannya ke mesin wheel balancer. Metode ini memang menciptakan putaran ban dan velg seimbang ( balan ) namun sehabis dipasangkan ke roda niscaya balasannya berbeda alasannya yaitu putaran poros roda, cakram dan lain sebaginya yang tidak seimbang.
Dari kedua metode balancing, antara balancing biasa dengan balancing OTC yaitu sebagai berikut :
Nah agar info diatas sanggup bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa untuk di share artikelnya :). Salam oromotif.
Sumber https://automotivexist.blogspot.com/
Berbeda dengan balancing biasa yang harus melepas roda kendaraan dan memasangkan roda - roda tersebut ke mesin balancing.
Kelebihan balancing OTC
Finish balance mempunyai kelebihan yang mana sanggup mengatasi problem setir bergetar di kecepatan yang tinggi diatas 100km/jam sehingga balancing model ini sangat cocok untuk kendaraan beroda empat yang suka diajak kebut kebutan.Pada OTC blancing ini, yang di hitung yaitu keseluruhan beban yang ada pada poros roda kendaraan, termasuk didalamnya yaitu cakram rem kendaraan beroda empat maupun dudukan roda meskipun timah pemberat dipasangkan pada velg sehingga keseluruhan poros pencetus menjadi seimbang putarannya.
Hal ini tentu berbeda dengan balancing biasa yang prosesnya harus melepas roda dan memasangkannya ke mesin wheel balancer. Metode ini memang menciptakan putaran ban dan velg seimbang ( balan ) namun sehabis dipasangkan ke roda niscaya balasannya berbeda alasannya yaitu putaran poros roda, cakram dan lain sebaginya yang tidak seimbang.
Baca juga : Nih waktu yang sempurna untuk spooring dan balancing kendaraan beroda empat kesayanganmu
Dari kedua metode balancing, antara balancing biasa dengan balancing OTC yaitu sebagai berikut :
#Balancing biasa
- Harga jasa yang dikenakan tergolong murah.
- Pengerjaan cukup memakan waktu usang alasannya yaitu harus melepas ban terlebih dahulu dan memasangkannya ke mesin balancer.
- Kurang bisa mengatasi keluhan setir getar ketika kendaraan beroda empat dipakai pada kecepatan tinggi.
- Menuntut kondisi velg serta ban yang manis ( ban tidak abuh / mengayun, velg tidak peyang dsb ).
#Balancing OTC
- Harga jasa yang dikenakan lebih mahal.
- Pengerjaan lebih mudah dan cepat alasannya yaitu tidak perlu membongkar roda dari kendaraan beroda empat ( eksklusif dikerjakan di kendaraan beroda empat tanpa melepas roda terlebih dahulu ).
- Sangat manis untuk mengatasi keluhan setir bergetar ketika kendaraan beroda empat melaju di kecepatan tinggi.
- Menuntut kondisi understeel, sistem suspensi dan juga kondisi velg serta ban harus dalam keadaan manis untuk hasil yang maksimal.
Baca juga : Pengertian PCD pada velg kendaraan beroda empat dan cara mengukurnya
Nah agar info diatas sanggup bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa untuk di share artikelnya :). Salam oromotif.
Sumber https://automotivexist.blogspot.com/