Cara Mengatasi Dan Mencegah Mata Lelah Akhir Menatap Layar Smartphone

Kalian tiap hari mesti pegang smartphone kan ? Jelas donk, kan smartphone sudah jadi barang bawaan yang wajib dibawa kemana saja. Kalau gak pegang gadget, rasanya kayak ada kurang-kurangnya! Tapi, kalau main smartphone jangan kelamaan juga ya. Apalagi hingga terpaku menatap layar smartphone gara-gara asyik main game atau nonton film.



Mata lelah tanggapan main smartphone. Credit : mantapps.co.id
Jika terlalu usang bermain smartphone, kalian niscaya akan mencicipi yang namanya mata lelah. Sebab menatap layar smartphone terlalu usang sanggup bikin otot mata menjadi terasa kaku. Bola mata juga akan terasa kering dan kaku tanggapan jarang berkedip. Kalau sudah begini, mata sanggup menjadi lelah.
Hati-hati, kalau mata sering kelelahan sanggup menciptakan penglihatan kalian jadi terganggu lho! Efeknya, kalian sanggup mengalami miopi atau rabun jauh sehingga harus menggunakan beling mata untuk sanggup membantu penglihatan.

Lalu, gimana cara semoga mata tetap sehat meski main smartphone dalam waktu yang usang ? Berikut ini cara menghindari dan mengatasi mata lelah alasannya yaitu gadget/handphone ala Tekno Jempol :)

  • Pertama, pastikan jarak penglihatan antara bola mata dengan layar handphone minimal 30 cm. Jika kalian beraktifitas di depan komputer/laptop, pastikan juga jarak penglihatan dengan layar monitor setidaknya 50 cm.
  • Sesekali mengedipkan mata ketika melihat layar smartphone dan jangan hingga terpaku/terpana. Tujuannya semoga bola mata tetap lembap dan tidak terasa kaku. Umumnya, pengguna smartphone akan terpaku menatap layar alasannya yaitu melihat suatu hal yang "menarik" di dalam smartphone-nya. Mungkin, dengan mengurangi tontonan "menarik" di smartphone, sanggup mencegah mata lelah. :)
  • Kurangi kecerahan layar smartphone. Layar smartphone yang terlalu terperinci sanggup menyilaukan mata. Sehingga sanggup mengurangi kenyamanan mata ketika beraktivitas dengan smartphone. Tapi, kalau kalian menggunakan smartphone di luar ruangan (outdoor) waktu siang hari, kecerahan layar yang tinggi mungkin pilihan yang tepat.
  • Gunakan aplikasi untuk menyaring gelombang sinar biru. Menurut beberapa penelitian, layar smartphone sanggup memancarkan gelombang sinar biru yang sanggup menimbulkan otak menjadi lebih gampang terjaga. Kalian mungkin pernah mengalami tidur kurang nyenyak atau bahkan insomnia sehabis main smartphone terlalu lama. Nah, untuk mencegah pengaruh dari gelombang sinar biru tersebut, kalian sanggup menginstal aplikasi BlueLight Filter. Aplikasi BlueLight Filter sanggup kalian unduh lewat layanan Google Play Store atau link di sini.
  • Last but not least, cobalah untuk mengistirahatkan mata beberapa ketika sehabis menggunakan smartphone. Kalian sanggup melaksanakan senam mata singkat semoga mata kalian tidak terasa kaku. Selain senam mata, kalian juga sanggup melihat lingkungan sekeliling dengan memfokuskan mata pada objek yang jauh.
Baca juga :
Itulah beberapa tips singkat mengenai cara menghindari dan mengatasi mata lelah sehabis beraktivitas dengan smartphone. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan khususnya indera penglihatan dengan cara mengkonsumsi masakan bergizi dan istirahat yang cukup.
Kalian harus tetap bijak dalam menggunakan smartphone yang kalian miliki. Gunakan sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan. Menatap layar smartphone itu boleh, tapi lebih baik kalau menatap masa depan yang cerah :)


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel