Dampak Internet Bagi Kehidupan

Pada zaman kini ini, semua orang hampir tidak pernah lepas dari yang namanya internet. Mulai dari orang tua, remaja, dewasa, sampai ke anak-anak, semuanya tau perihal internet. Internet pada jaman moderen ini merupakan jendela informasi yang memang patut untuk di ketahui oleh siapa saja. Dimana dulu internet merupakan jaringan yang hanya boleh di jalan masuk melalui komputer saja. Tetapi kini semua orang bebas mengakses internet dimana saja dan kapan saja semau dia. Hanya dengan modal sebuah smartphone, kita sudah sanggup menjelajahi internet dengan leluasa.

Berbicara duduk masalah internet, mungkin di pikiran kita yang muncul pertama yakni google. Bahkan belum dewasa kecilpun tau apa itu google. Sebuah perusahaan terkemuka dan merupakan penyedia layanan pencarian terbesar di dunia, yang menyediakan aneka macam macam informasi dan akomodasi untuk memudahkan siapa saja yang mencari segala informasi yang ia butuhkan.

Dan untuk berinternet kita tidak perna lepas dari semua produk dan layanan milik google. Mulai dari melaksanakan streaming di youtube, menyimpan segala file serta berkas-berkas penting lewat penyimpanan awan menyerupai google drive, menjelajahi web-web penyedia informasi serta berita-berita penting, dan masih banyak lagi layanan google lainnya, yang semuanya itu di buat untuk memudahkan siapa saja dalam menjelajahi internet.

Apa perlu internet itu.? Jawabanya, yakni sangat perlu. Karena dengan berinternet kita sanggup mengetahui segala informasi dan perkembangan yang sedang terjadi dikala ini, tanpa harus bersusah payah mencari koran dan majalah menyerupai zaman dahulu. Namun dibalik semuanya itu, internet juga membawa dampak yang begitu besar terhadap kehidupan manusia. Ada sisi faktual dan sisi negatif yang sanggup di hasilkan oleh internet. Tergantung bagaimana setiap orang memanfaatkan kecanggihan dari internet itu sendiri.

Nah untuk itu, dibawah ini sedikit saya paparkan beberapa dampak baik dan buruknya internet yang sering terjadi, pada zaman kini ini.

 semua orang hampir tidak pernah lepas dari yang namanya internet Dampak  Internet Bagi Kehidupan
Gambar Ilustrasi

Dampak Positif Dan Negatif Internet Terhadap Kehidupan.

Sebenarnya tanpa saya jelaskan disinipun, mungkin anda sendiri sudah sanggup tau bagaimana dampak yang dihasilkan dari kecanggihan internet itu sendiri. Yaitu dengan mengamati setiap perkembangan yang sedang terjadi dikala ini. Namun di sini saya pingin kasih citra secara umum, perihal pengaruh-pengaruh dari kemajuan internet terhadap kehidupan masyarakat pada umumnya.

Dan maksud dari ini semua adalah, biar kita lebih berhati-hati dan mawas diri terhadap kebebasan internet dikala ini, khususnya dampak negatif atau efek jelek yang di hasilkan dari internet. Sebab kalau kita tidak berhati-hati dengan ini semua, maka justru kita yang terbawa efek negatif dari internet itu sendiri. Dan dampak negatif dari internet ini boleh di bilang sangat kuat, terutama pada belum dewasa usia sekolah. Makara butuh pengawasan extra dari kita selaku orang tua, biar putra-putri kita sanggup terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Sebelum kita ketahui dampak negatif dari internet, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu dampak faktual yang dihasilkan dari  internet itu sendiri.

1. Dampak faktual internet bagi dunia pendidikan.
Pada zaman dahulu, mungkin seorang guru atau dosen di sebuah forum pendidikan akan kesulitan pada dikala akan menawarkan sebuah mata pelajaran tertentu pada siswanya, lantaran keterbatasan buku paket sebagai penunjang aktivitas berguru mengajar siswa. Namun hal menyerupai itu tidak akan terjadi lagi pada zaman kini ini. Sebab dengan adanya internet, guru-guru akan lebih leluasa menawarkan kiprah atau soal kepada siswanya, dan meminta mereka untuk mencari dan menuntaskan semua jawaban atas soal yang di berikan melalui internet.

Dan hebatnya lagi bahwa, semua jawaban atas kiprah yang di berikan oleh para guru atau pengajar di sekolah, sanggup di kirim pribadi oleh siswa melalui alamat email kepada sang guru yang bersangkutan. Sebab rata-rata guru pada zaman kini ini, semuanya mempunyai alamat email sendiri-sendiri. Hal ini berdasarkan saya lebih simpel dan efisien.

Pengaruh faktual internet terhadap pendidikan ini, kalau boleh saya katakan bahwa sangat baik sekali. Sebab dengan adanya internet, seorang siswa sanggup menggali komplemen ilmu lewat situs-situs penyedia informasi pendidikan. Dan biasanya setiap artikel dari situs-situs menyerupai ini, telah di rangkum dari aneka macam sumber. Makara akan lebih meningkatkan kekayaan pengetahuan bagi siswa. Terlebih lagi bahwa pada zaman  sekarang ini rata-rata anak sekolah mempunyai smartphone, jadi mereka sanggup mengakses situs-situs menyerupai ini dimanapun dan kapanpun mereka inginkan.

2. Dampak Positif Internet Bagi Perdagangan. 
Dulu sebelum adanya internet, seorang pedagang/UKM (Usahaha Kecil Menengah) akan kesulitan untuk memasarkan produk barang dan jasa miliknya. Sebab ruang gerak untuk pemasaran sangat sempit sekali. Tetapi sekarang, dengan adanya internet para pedagang atau pebisnis boleh bernafas legah lantaran setiap produk barang dan jasa miliknya, sanggup di pasarkan kemana-mana melalui jalur pemasaran secara online. Dan hal menyerupai ini sanggup dilakukan walaupun hanya berada dirumah saja. Tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi kemana-mana.

Hingga akhir-akhir ini banyak sekali kita jumpai di internet, munculnya online shop kolam jamur yang tumbuh dimana-mana. Berkat adanya internet, kini kita tidak akan repot-repot lagi untuk membeli sebuah produk yang kita inginkan. Hanya dengan modal sebuah laptop atau smartphone, kita sanggup melaksanakan transaksi jual beli dimanapun dan kapanpun kita kehendaki.



3. Dampak Positif Internet Untuk Komunikasi.
Dulu sebelum internet populer menyerupai kini ini, maka jalan yang kita tempuh biar sanggup berkomunikasi dengan kerabat atau sanak saudara yakni semata-mata memakai SMS, atau dengan melaksanakan panggilan lewat telepon. Bahkan yang paling parah lagi yaitu zaman sebelum adanya heandphone. Dapat kita bayangkan bahwa sulitnya pada masa itu, lantaran hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga saja, kita terpaksa harus menulis surat dan mengirimkannya lewat kantor pos. Dan tanggapan akan surat yang kita kirim tersebut terpaksa kita harus menunggunya berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan lamanya.

Tetapi kini kita boleh mengucapkan selamat tinggal untuk masa-masa menyerupai itu, lantaran dengan adanya internet, kita lebih leluasa berkomunikasi dengan sanak family. Karena begitu banyaknya media umum yang bermunculan dikala ini. Makara memungkinkan siapa saja untuk bergabung di media tersebut. Bahkan banyak juga yang membentuk group-group antar keluarga di media sosial. Sehingga segala perkembangan yang terjadi di antara keluaga sanggup terpantau walaupun diantara kita berbeda jarak.

Setelah beberapa uraian perihal dampak atau efek faktual yang dihasilkan dengan adanya internet, maka dibawah ini saya akan coba uraikan perihal dampak negatif yang dihasilkan tanggapan adanya internet. Sebab segala hal yang baik, tentunya terselip juga sisi buruknya. Karena diantara keduaanya yakni satu mata rantai yang memang tidak sanggup di pisahkan.

Dibawah ini saya akan coba uraikan beberapa dampak negatif dari internet yang sering terjadi di masyarakat dikala ini.

1. Penipuan.
Selain dampak positif, internet juga mempunyai dampak jelek yang sangat luar biasa. Salah satu pola yaitu menyerupai pada point pertama ini. Kenapa saya harus meletakan ini pada point pertama?, lantaran masalah penipuan inilah yang marak terjadi dikala ini.

Dulu sebelum adanya internet, mungkin seseorang akan berpikir dua kali apabila mau melaksanakan tindakan kejahatan menyerupai penipuan ini. Sebab untuk melakukannya, minimal ia harus berhadapan pribadi dengan korbanya. Tetapi kini dengan adanya internet, para pelaku kejahatan sudah mulai berani menggaet korbanya secara terang-terangan. Dan hal ini di lakukan secara online. Dengan dalih serta iming-iming sebuah hadiah yang menggiurkan, mereka berusaha untuk mengelabuhi setiap korbannya.

Makara apabila anda perna mengalami insiden menyerupai mendapatkan Email atau SMS, yang menyampaikan bahwa anda yakni pemenang salah satu undian tertentu, maka mohon jangan pribadi di percaya akan hal itu. Sebab ujung-ujungnya nanti mereka akan meminta tebusan uang dan lain sebagainya. Dan satu lagi yang perlu juga anda ingat bahwa, kini ini banyak sekali situs-situs penipuan yang beredar di internet. Makara berhati-hatilah, jangan muda percaya akan iming-iming penghasilan bulanan yang melimpah. Percayalah bahwa di dunia ini tidak ada yang instan, siapa yang pingin kaya maka di harus berusaha sekuat tenaga untuk menggapainya. Tidak harus lewat jalan pintas menyerupai yang di tawarkan.

2. Perj*dian.
Untuk dampak negatif dari inter yang kedua ini, mungkin saya tidak sanggup mengulasnya terlalu jauh. Sebab untuk masalah ini, ada yang memang suka dan ada juga yang tidak suka sama sekali. Saya katakan ini yakni dampak negatif, lantaran memang saya sendiri tidak suka dengan hal ini. Namun anggapan ini akan terbalik kalau yang mengulas di postingan ini yakni orang yang suka dengan hal ini.

Untuk itu, disini akan saya coba ulas ini semua sesuai dengan jati diri saya selaku orang yang tidak suka dengan hal ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa, dulu waktu internet belum begitu populer dan menyebar luas ke masyarakat menyerupai kini ini, perj*dian di lakukan pada tempat-tempat tertentu saja. Namun sekarang, perj*dian mulai dilakukan secara online. Ini terbukti dengan banyaknya situs-situs yang memfasilitasi untuk hal ini.

Bagi anda yang memang tidak suka dengan hal semacam ini, sebaiknya jangan sekali-kali mencobanya, lantaran hal semacam ini, di dalamnya juga terselip unsur penipuan menyerupai yang telah saya ulas di atas. Namun kalau anda tertarik, maka disini saya juga tidak punya hak untuk melarang anda, lantaran semuanya kembali pada pribadi kita masing-masing.

3. Por**grafi.
Pengaruh jelek yang di hasilkan dari kemajuan internet terhadap masalah yang satu ini, kalau boleh saya katakan sangat luar biasa sekali. Kenapa, lantaran hampir setiap hari kita lihat di televisi atau membaca dari surat kabar perihal kasus-kasus pelecehan seksual yang terjadi di mana-mana.

Ini semua merupakan salah satu faktor dari kebebasan berinternet tanpa kendali. Walaupun bukan semata-mata lantaran internet sebagai penyebab utamanya. Ada banyak faktor sebagai pemicu untuk masalah ini. Kalau boleh saya katakan bahwa permasalahan untuk masalah menyerupai ini sangat kompleks. Tetapi oleh lantaran pembahasan ini bekerjasama dengan sisi negatif dari internet, maka kita ambil pola kasusnya sesuai dengan perkembangan internet remaja ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa, ada milyaran konten yang sanggup kita jalan masuk melalui internet. Dan konten-konten tersebut ada juga yang mendidik tetapi ada juga yang sanggup mempengaruhi kita untuk melaksanakan tindakan kejahatan. Disini saya kasih pola konten video remaja misalnya. Karena internet bebas di jalan masuk oleh siapa saja maka kemungkinan belum dewasa kecil juga sanggup mengakses konten menyerupai ini. Dan hal menyerupai ini berdasarkan saya, sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya pelecehan seksual dimana-mana.

Kesimpulan.
Dari sekian pembahasan diatas sanggup kita simpulkan bahwa, internet akan menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat, apabila kita menggunakannya untuk tujuan kebaikan. Tetapi internet akan menjadi suatu yang tidak bermanfaat, apabila kita menggunakanya untuk tujuan yang tidak baik. Tergantung bagaimana kita memposisikan diri kita masing-masing.

Cukup sekian postingan saya kali ini, Muda-mudahan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel