Error Could Not Load File Or Assembly Crystaldecisions.Crystalreports.Engine.Dll

Beberapa hari kemudian saya di minta memperbaiki project salah satu perusahaan swasta nasional, alasannya ialah jadwal ini buatan orang lain, jadi terpaksa deh saya harus pelajari code nya. Ketika mau run aplikasi nya ada error Could not load file or assembly CrystalDecisions.CrystalReports.Engine.dll, the assembly is not valid win 32 application.

Error ini mengindikasikan bahwa file dll CrystalDecisions.CrystalReports.Engine.dll ialah versi 64 bit dan beberapa dll lain nya ialah 32 bit. sehingga terjadi bentrok di dalam iis saat men generate aplikasi tersebut.
 Beberapa hari kemudian saya di minta memperbaiki project salah satu perusahaan swasta nasiona Error Could not load file or assembly CrystalDecisions.CrystalReports.Engine.dll

Saya sempat cari tutorial tutorial termasuk ke stackoverflow untuk memecahkan persoalan ini, namun masih belum juga solved. dan sehabis saya coba check iis ternyata saya menemukan root cause dari persoalan ini.
Baiklah, pribadi ke step by step solved error Could not load file or assembly
CrystalDecisions.CrystalReports.Engine.dll :
1. Buka iis manager, bagi yang masih gila dengan ini coba silahkan ketik di search masukan kata kata iis manager
2. Setelah form iis terbuka, klik pada application pool. cari aplikasi anda, kemudian klik pada aplikasi anda.
3. Pada panel kanan, klik advanced setting, kemudian akan muncul form advanced setting
4. Pada form advanced setting lihat pada di dalam root sajian general, akan terlihat key Enable 32-Bit Applications dengan value false
5. Ubah value tersebut menjadi true kemudian klik Ok
6. Restart IIS dan refresh aplikasi anda
Teknik solved ini menurut  trial error saya, jadi kalau ternyata error Could not load file or assembly CrystalDecisions.CrystalReports.Engine.dll masih ada dan sudah mengikuti langkah langkah di atas, mungkin tutorial ini tidak cocok untuk case yang sedang anda temui.
Langkah langkah di atas juga dapat di lakukan untuk solved persoalan mengenai file dll lain tidak hanya error CrystalDecisions.CrystalReports.Engine.dll. Selamat Mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel