Cara Menentukan Biola Untuk Pemula

Bagaimana cara menentukan biola bagi pemula.?


Hello guys, apa kabar kalian? 
Akhir-akhir ini banyak yang nanya "Mas, gimana sih cara menentukan biola yang bagus untuk pemula?" Pertanyaan itu selalu diulang-ulang sama orang-orang yang masih kebingungan perihal cara menentukan biola yang baik untuk seorang pemula. Kali ini aku akan memperlihatkan acuan perihal bagaimana cara menentukan biola yang bagus untuk pemula.

Ok, sebelum masuk ke tahapan inti lebih baiknya kita kenalan dulu sama biola, jadi pas beli sanggup lebih paham lagi. Silahkan cek gambar dibawah ini.
Bagaimana cara menentukan biola bagi pemula Cara Memilih Biola Untuk Pemula















Nah, jikalau sudah kenal bagian-bagian biola kan enak. Yo, kita bahas topik diatas.


1. Ukuran Biola

Bagaimana cara menentukan biola bagi pemula Cara Memilih Biola Untuk Pemula
Biola mempunyai ukuran yang bervariasi. Mulai dari yang terkecil (1/32) hingga dengan ukuran normal  (4/4) ada tersendiri. Nah, untuk yang ukuran 1/3-1/8 itu biasanya dipakai untuk umur 2-6 tahun, ukuran 1/4 dipakai untuk umur 4-7 tahun, ukuran 1/2 dipakai untuk umur 6-10 tahun, 3/4 dipakai untuk umur 9-11 tahun, ukuran 4/4 untuk umur 11+. Ada juga ukuran 7/8 biasanya dipakai untuk perempuan. Ada juga orang yang menentukan biola dengan cara mengukur panjang lengannya, mungkin cara itu lebih efektif sehingga tidak perlu jual beli terus alasannya ukurannya engga cocok.

Baca Juga: Bagian-bagian Biola

2. Kualitas Kayu.

Kayu yang dipakai pada biola sangat mempengaruhi kualitas bunyi biola. Nah, pada biola yang bagus biasanya terbuat dari kayu maple untuk bab back body, side, dan neck, spruce untuk bodi depan. Untuk fingerboard biasanya menggunakan kayu Ebony. Kayu eboni sering dipilih oleh pengrajin biola alasannya mempunyai sifat yang keras, menawan, dan tahan lama. .Banyak biola yang terbuat dari triplek, HAH? Dari triplek? Ya, dari triplek, biola itu biasanya mempunyai harga yang murah dan kualitas yang bobrok. Kaprikornus perlu diperhatikan juga kayu yang dipakai pada biola yang akan kau beli.

3. Bridge (Jembatan)

Bagaimana cara menentukan biola bagi pemula Cara Memilih Biola Untuk Pemula

Bridge (Jembatan) merupakan kayu yang diletakan antara Fingerboard dan tailpiece. Bridge biola berfungsi sebagai penghantar getaran dari senar menuju tubuh biola. Pastikan biola yang kau beli ada Bridgenya, tetapi ada yang jual biola dengan cara terpisah. Dan bridge biola banyak dijual di toko musik yang jualan biola.

4. Purfling

Bagaimana cara menentukan biola bagi pemula Cara Memilih Biola Untuk Pemula

Purfling pada biola bergunak untuk mempercantik tampilan biola tersebut,selain untuk fungsi dekorasi purfling juga berfungsi sebagai pelidung bodi biola dari peretakan yang terjadi alasannya penyusutan kayu. Rabalah bab tepi biola, apakah ada purflingnya ataukah hanya lukisan?

4. Merk

Merk biola sanggup dilihat melalui F Hole. Ada beberapa brand biola yang harganya 1jtaan-600K (Skylark, Cremona, Viena, Pearl River, Harrier,Karl Hoffner, Karl Steinhoff, dan masih banyak lagi). Kata sesepuh Biola Indonesia "Merk biola tidak mempengaruhi kualitas biola, ada beberapa biola yang merupakan satu pabrik tetapi berbeda suaranya." Kesimpulannya, Suara biola tidak dipengaruhi oleh brand loh guys. 

5. Kelengkapan

Bagaimana cara menentukan biola bagi pemula Cara Memilih Biola Untuk Pemula

Cek kelengkapan juga guys sebelum ngebeli ntu biola. Kelengakapan biola biasanya ada Rosin, Bow, Hardcase (Tempat Biola), Senar, dan biola itu sendiri. 
  • Rosin
Bagaimana cara menentukan biola bagi pemula Cara Memilih Biola Untuk Pemula
Rosin terbuat dari getah pinus yang dikeringkan. Rosin dipakai untuk memperlihatkan cengkeraman bow oleh senar biola. Cara menggunkannya cukup gampang yaitu dengan cara menggosokan rosin dengan bow yang sebelummnya sudah dikencangkan.

  • Bow (Busur)
Bow ialah tongkat yang dipakai sebagai penggesek. Agar biolamu sanggup berbunyi sebelumnya bow harus dikasih rosin semoga keset ketika digesek dengan senar biola dan tidak meleset alasannya licin. Bagian-bagian bow ada 5, diantara Screw buat ngencengin/ngendurin, Pad sebagai alas jari, Frog buat pengatur kekencangan bow yang sebelumnya telah di setting lewat screw, Stick, dan Hair buat digesekin ke senar. Bow yang bagus biasanya menggunakan hair/rambut dari ekor kuda.

  • Senar 
Senar biola dibentuk dari usus domba, direntangkan, dikeringkan, kemudian di pelentir. Senar usus ini sanggup dikembangkan dengan cara dicampuri dengan logam. Hasil yang diperoleh dari proses ini ialah senar yang lebih berpengaruh dan lebih seimbang, dan sanggup disetel dengan tekanan yang lebih besar, dan menghasilkan volume yang lebih besar pula. Dibandingkan dengan senar sintetis yang banyak dipakai sekarang, senar usus domba mempunyai bunyi yang hangat.

Mungkin sekian dulu tips dari saya, apabila ada kekurangan silahkan sanggup coret-coret dibawah.





Terimakasih atas kunjungannya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel