9 Solusi Laptop Lemot Sering Tidak Merespon

Laptop not responding - Bagaimana cara mengatasi laptop lemot dan sering tidak merespon ? "Not responding" merupakan suatu notifikasi yang sering kali muncul ketika laptop mulai tidak merespon dan menjadi lelet dikala dipakai baik itu browsing internet ataupun streaming video. Kinerja laptop yang melambat ini tentu tidak hanya kita jumpai pada laptop dengan sistem operasi windows 7 saja namun loading laptop lambat juga kerap muncul di windows 8 ataupun windows 10. Maka dari itu pada pertemuan ini kami akan mencoba menawarkan beberapa penyebab serta 9 cara mengatasi biar laptop tidak lemot dengan mudah.

Perlu untuk kita ketahui bahwa kenerja laptop yang mulai lemot / melambat sering kali ditandai dengan kondisi laptop yang cepat panas. Dan apabila laptop yang kita miliki mulai panas akan diikuti dengan penggunaan daya baterai laptop yang cepat habis alasannya ialah loading laptop yang selalu muter - muter dikala akan digunakan. Lantas apa bekerjsama yang menjadi faktor utama penyebab laptop / komputer hang macet not responding tersebut ? Apapun itu penyebabnya tentu kita harus segera mengatasi problem laptop yang tidak merespon tersebut jikalau kita menginginkan kondisi kinerja laptop yang tidak lelet.

Oleh alasannya ialah itu pada kesempatan kali ini kami Pemaniez Komputer akan mencoba menawarkan 9 penyebab laptop not responding yang sangat sering terjadi. Dan 9 faktor yang menciptakan kinerja laptop menjadi lelet ini juga merupakan problem yang ada pada windows 7 , windows 8, ataupun windows 10. Makara cita-cita kami dengan memakai 9 solusi baterai laptop cepat habis alasannya ialah lemotnya kinerja laptop, kita sanggup melaksanakan acara tanpa gangguan dikala browsing dan juga bermain game. Untuk itu mari eksklusif saja kita simak ulasan mengenai 9 cara mengatasi laptop lemot dikala internetan di bawah ini.

9 Solusi Laptop Lemot Sering Tidak Merespon

cara mengatasi laptop lemot dan sering tidak merespon 9 Solusi Laptop Lemot Sering Tidak Merespon

Untuk mengatasi problem laptop yang lemot alasannya ialah sering tidak merespon ini, hal pertama yang perlu untuk kita lakukan ialah dengan mencari tahu penyebab laptop sering not responding tersebut. Dengan begitu kita akan menjadi lebih gampang untuk mencari tahu kenapa laptop yang kita miliki sangat sering terjadi hang macet not responding tersebut. Maka dari itu mari eksklusif saja kita simak ulasan mengenai penyebab dan solusi laptop lemot dan sering not responding terus tersebut selengkapnya di bawah ini.

Cara memperbaiki loading laptop yang lambat


1. Kapasitas RAM Kecil

Random Acces Memory atau yang sering kita kenal dengan sebutan RAM ini merupakan sebuah memori yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara pada laptop ataupun komputer pada dikala suatu jadwal sedang berjalan.

Makara layaknya sebuah smartphone android, RAM pada laptop ini juga mempunyai peranan untuk multitasking atau menjalankan jadwal secara bersamaan dalam satu waktu sehingga semakin banyak jadwal yang berjalan pada laptop maka akan semakin banyak pula penggunaan RAM yang dibutuhkan.

Cara mengatasinya :

  • Oleh alasannya ialah itu apabila laptop yang kita miliki terasa lemot dan tidak merespon dikala dipakai untuk membuka beberapa aplikasi maka kapasitas RAM yang kecil sanggup menjadi salah satu solusinya. Dengan menambah kapasitas RAM atau mengganti RAM usang dengan yang gres sanggup menjadi salah satu alternatifnya akan tetapi tentu akan menciptakan penggunaan baterai laptop akan menjadi lebih cepat habis dari sebelumnya.

2. Multitasking Yang Terlalu Banyak

Seperti yang telak kita bahas sebelumnya bahwa terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu yang sama sanggup menimbulkan laptop menjadi sering tidak merespon. Hal ini sanggup dikarenakan kinerja komponen utama laptop menjadi lebih berat dari pada biasanya.

Cara mengatasinya :

  • Hindari untuk membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan apabila secara spesifikasi laptop yang kita miliki masih terbilang mempunyai RAM di bawah 4Gb.

3. Virus

Salah satu penyebab laptop sering tidak merespon tersebut ialah alasannya ialah virus / malware di dalam laptop yang kita miliki. Hal ini dikarenakan sering kali virus tersebut akan merusak data - data penting ataupun file - file system sehinggan menciptakan laptop menjadi lemot dan sering ngehang.

Cara mengatasinya :

  • Pada dasarnya antivirus mempunyai fungsi yang sama yaitu melindungi laptop dari gangguan virus / malware. Akan tetapi tidak semua anti virus bisa untuk membentengi laptop yang kita miliki tersebut oleh alasannya ialah itu sangat disarankan untuk memakai antivirus terbaik.

  • Namun jikalau kita telah memakai antivirus terbaik dan tetap saja laptop yang kita miliki terjangkit malware di dalamnya alangkah lebih baiknya jikalau kita menginstall ulang windows laptop tersebut. Berikut ini akan kami berikan 3 tips biar laptop tidak cepat terjangkit virus, diantaranya ialah sebagai berikut :
  1. Update antivirus secara berkala
  2. Hindari untuk mengunduh secara sembarangan dari internet
  3. Jangan colokkan sembarang FD pada laptop

4. Hindari untuk menginstall / menjalankan jadwal yang berat

Perlu untuk kita ketahui bahwa menjalankan aplikasi berat pada laptop yang low spesifikasi tentu akan menciptakan laptop yang kita miliki menjadi lemot. Misalnya saja, laptop yang kita miliki mempunyai processor Intel Pentium N3540 dengan RAM 2 GB akan kita install game PES 2018 tentu hal tersebut akan sangat memaksa.

5. Banyak Program Berjalan Di Start Up

Pada dasarnya dikala pertama kali laptop dihidupkan maka jadwal - jadwal akan secara otomatis berjalan pada start up (masuk pada dekstop windows). Maka dari itu penyebab laptop loading usang dan tidak merespon tersebut terjadi sanggup dikarenakan banyaknya jadwal yang berjalan pada start up.

Cara mengatasinya :

  • Nonaktifkan jadwal - jadwal yang tidak diharapkan dikala berjalan di startup akan tetapi pastikan bukan malah jadwal sistem atau driver yang akan mengakibatkan laptop menjadi error / crash. Untuk mengatur jadwal yang akan dinonaktikan (disable) pada dikala start up sanggup kita lakukan dengan langkah sebagai berikut :
  1. Tekan tombol windows + R, kemudian ketik "msconfig"
  2. Pada jendela "System Configuration", pilih hidangan Startup
  3. Untuk pengguna windows 8 dan 10, tinggal masuk ke Task Manager atau dengan cara menekan tombol "Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan", kemudian pilih tab Startup
  4. Klik kanan jadwal yang akan kita inginkan biar tidak berjalan lagi di startup, kemudian pilih "Disable"

6. Terlalu Banyak Menginsatll Aplikasi

Penyebab laptop sering not responding selanjutnya ialah banyaknya aplikasi atau jadwal yang terinstall di dalam laptop yang kita miliki, dimana kapasitas hard disk yang kita miliki tidak terlalu banyak mempunyai ruang penyimpanan yang kosong.

Cara mengatasi laptop lemot :

1. Uninstall jadwal yang tidak penting

  • Mengingat kapasitas memori intarnal laptop yang terlalu penuh sanggup menciptakan laptop menjadi lemot dikala dipakai maka dari itu kita perlu memilah beberapa aplikasi yang sudah tidak pernah kita gunakan. Hal ini bertujuan biar kita sanggup menghapus aplikasi tersebut, di bawah ini merupakan langkah - langkah untuk mengusut jadwal - jadwal yang terinstall pada laptop yang kita miliki :
  1. Masuk ke Control Panel >> Uninstall a program.
  2. Setelah itu uninstall jadwal - jadwal yang benar - benar sudah tidak penting atau jarang sekali dipakai dengan cara klik kanan jadwal tersebut, kemudian pilih Uninstall

2. Ganti HDD Dengan Kapasitas Yang Lebih Besar

  • Jika laptop yang kita miliki mulai terasa berat dan sering tidak merespon alasannya ialah terlalu banyaknya aplikasi yang telah terinstall maka solusi ke 2 yang perlu untuk kita lakukan ialah dengan mengganti Hard Disk yang lebih besar. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa harga HDD tidaklah murah, saran kami daripada mengganti HDD lebih baik untuk mengganti RAM yang lebih besar supaya acara multitasking sanggup berjalan dengan lancar.

3. Gunakan HDD External

  • Mengingat harga harddisk yang terbilang mahal ataupun rasa takut kehilangan garansi dari laptop yang kita miliki, solusi biar laptop sanggup loading dengan cepat ialah memakai HDD Eksternal. Dengan adanya hard disk eksternal kita sanggup menyimpan file - file besar menyerupai film dan game tanpa harus takut kehilangan masa garansi laptop tersebut.

7. Hapus File Sementara Yang Menumpuk

File sementara atau yang sering kita kenal dengan Temporary files ini sanggup menimbulkan kinerja laptop menjadi lemot apabila terlalu banyak yang menumpuk alasannya ialah tidak pernah kita bersihkan. Meskipun file - file pada recycle bin maupun cache pada acara browser yang mempermudah dikala kita sedang melaksanakan pencarian di internet ini ternyata sanggup menciptakan laptop sering tidak merespon apabila file tersebut semakin menumpuk.

Cara mengatasinya :

  • Untuk membantu membersihkan beberapa file cache yang menumpuk tersebut biasanya kami memakai dukungan aplikasi yang berjulukan CCleaner. Lakukan cleaning secara terencana dengan tujuan supaya kinerja laptop sanggup semakin optimal tanpa mencicipi adanya lelet meskipun dipakai untuk acara multitasking.

8. Harddisk Belum Pernah Didefrag

Defragmentasi pada harddisk bertujuan untuk menata kembali data - data yang awut-awutan di dalam harddisk. Hal ini perlu untuk dilakukan alasannya ialah intinya data - data yang awut-awutan lambat laun akan menumpuk juga sehingga memicu untuk menimbulkan laptop menjadi melambat.

Cara mengatasinya :

  • Untuk melaksanakan defrag hard disk, kita sanggup mengikuti beberapa langkah berikut ini :
  1. Masuk ke Control Panel >> Pilih System and Security
  2. Pada hidangan "Administrative Tool", pilih Defragment and optimize your drives
  3. Untuk melaksanakan defrag harddisk, klik tombol Optimize
  4. Untuk pengguna windows 8, defragment tool ini akan berjalan secara otomatis setiap minggunya. Untuk mengubahnya, klik tombol "Change Settings" kemudian pilih daily (setiap hari), weekly (setiap minggu) atau monthly (setiap bulan).

Mungkin anda tertarik :

9. Hardware Laptop Bermasalah

Penyebab laptop menjadi sering tidak merespon yang ke 9 ini sanggup berasal dari problem hardware laptop yang kita miliki. Hal yang sering terjadi ketika laptop menjadi lemot dan loading dikala membuka aplikasi ataupun game terlalu usang ini biasanya berasal dari fan yang mulai kotor dan bisa jadi malah rusak.

Ciri - ciri laptop yang lemot alasannya ialah problem pada fan laptop :

  • Suara putaran fan laptop tidak menyerupai biasanya, biasanya bunyi putaran fan lebih cenderung lebih keras dan tersendat - sendat
  • Laptop menjadi cepat panas dan mulai lemot padahal gres saja digunakan
  • Laptop datang - datang akan mati sendiri jikalau kotoran fan atau problem pada fan laptop yang kita miliki sudah mulai parah

Demikian pertemuan kita kali ini yang gres saja mengulas perihal cara mengatasi laptop lemot windows 7, windows 8 ataupun windows 10. Semoga dengan adanya postingan kami kali ini, kita tidak akan mengalami problem laptop sering not responding lagi di kemudian hari. Sekian dan terima kasih ..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel