Cara Gampang Merawat Biola Agar Tidak Cepat Rusak

Hello Guys,,,

Ketemu lagi dengan saya di , tempatnya sharing wacana seputar biola. 
Kali ini saya mendapat inspirasi yang cukup untuk dibagikan dengan sobat-sobat BK dari teman-teman saya di Biola Indonesia. Saya akan menawarkan tips cara merawat biola dengan baik dan benar. Kebanyakan dari kita yaitu memakai biola tanpa memperhatikan bagaimana kondisi biola. Bila kondisi biola tidak terawat maka akan menciptakan biola cepat rusak. Oke sobat, tanpa banyak basa-basi kita bahas aja pribadi yah, Cek It Out...

Baca Juga: Bagian-Bagian Biola

Cara Merawat Biola.

1. Jaga Suhu Penyimpanan Biola.

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu dengan menjaga suhu daerah kita menyimpan biola, dimana suhu sekitar dilarang terlalu panas dan juga tidak terlalu lembab. Kenapa? Karena biola juga terbuat dari kayu, ya jadi dapat saja kayu itu retak alasannya yaitu tempatnya terlalu panas dan juga dapat jamuran kalau tempatnya terlalu lembab.

2. Jangan Terlalu Lama Simpan di Hardcase ( Tempat Biola)

Nah, bagi kalian yang selalu menaruh biolanya di hardcase alasannya yaitu maennya 1 Tahun 1 Kali lebih baik dikurangin deh kebiasaan itu. Menaruh biola di dalam hardcase dengan jangka yang panjang dapat memicu tumbuhnya jamur pada biola sobat, kasian nanti dapat dikira Biola Jamur Crispy... Ahaha...
Ada yang menyampaikan kalau cara menyimpan biola dengan tehnik digantung bahkan ada juga yang digantung dengan posisi terbalik.

Posisi biola dikala digantung

Posisi biola dikala digantung dengan posisi terbalik.
3. Bow

Bow yaitu busur yang dipakai untuk menggesek biola itu sendiri. Bow ada yang terbuat dari sintetis dan ada juga yang dari ekor kuda. Kencangilah bow dikala mau digunakan. Mengecangkan bow harus berhati-hati dengan memutar screw/secrup yang ada di ujung bawah bow. Ketengang bow memperngaruhi keyamanan dikala menggesek. Bow biasanya mempunyai jarak antara stick dengan hair sediameter pensil atau sesuai dengan jari kelingking kita. Setelah dipakai kendurkan kembali bow dengan cara memutar Screw. Usahakan jangan menyentuh hair bow alasannya yaitu tangan kita dapat mengeluarkan minyak sehingga menghipnotis ke kesetan bow dikala digesekan ke senar.
Oh, iya guys, kalau ada rambut bow yang putus jangan di cabut langsung, alasannya yaitu kemungkinan dapat menciptakan hair bow terlepas semua dari stick bow itu sendiri.

4. Rosin

Rosin yaitu getah pinus yang dikeringkan. Gunanya untuk menggosok bow biar tetap keset dikala digesekan dengan senar biola. Cara memakai rosin yang baik yaitu dengan cara menggosokan rosin ke bow dengan searah. Pemberian rosin jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit.

5. Stem Senar Biola

Menyetem senar biola memang haruslah berhati-hati, alasannya yaitu jikalau kita lengah sedikit maka kita akan dikejutkan dengan bunyi yang mengagetkan. Ntah itu bunyi senar yang putus ataupun dari bridge yang melompat. Ini pengalaman saya... Jadi, disarankan menyetem biolanya mipil dari senar G, D, A, dan kemudian E. Jangan napsu...

6. Atur Posisi dan Bentuk Bridge.

Bridge biola harus diletakan lurus dengan F Hole. Posisi biola harus lurus vertikal dilarang miring alasannya yaitu dapat melompat ketika sedang asik dimainkan. Bentuk bridge jangan terlalu tumpul maupun terlalu tipis. Bentuk biola yang terlalu tumpul dapat menghipnotis bunyi biola kalian, dan juga sebaliknya jikalau brigde yang kita gunakan terlalu tipis atau tajam itu dapat ada dua kemungkinan problem yang akan terjadi yaitu, bridge tersebut dapat terbelah alasannya yaitu tekanan yang diberikan oleh senar maupun senar kita yang putus alasannya yaitu bridge yang dipakai terlalu tipis/tajam.

7. Bersihkan Rosin Yang Menempel di Bodi Biola.

Kebanyakan rosin memang sering mengakibatkan debu-debu halus yang berterbangan. Debu rosin biasanya melekat pada bodi biola dan jikalau hal tersebut dibiarkan maka akan menciptakan biola kita terasa lengket. Maka bersihkanlah segera, kalau yang sudah terlanjur bagaimana? Nah, kalau sudah terlanjur dapat dibersihkan dengan memakai tisu yang diberikan minyak kayu putih dan digosokan kerosin yang melekat di biola. Namun, perlu diperhatikan juga, minyak kayu putih itu sendiri memilki sifat yang panas jadi dapat merusak vernis biola jikalau terlalu banyak. Jangan memakai air, disarankan memakai cairan khusus untuk membersihkan rosin yang melekat pada biola kalian. Cairan tersebut terjual di toko musik yang menjual biola dan kelengkapannya.

8. Letakan Kembali Biola Ketempat Semula.

Bagi sobat yang masih menaruh biolanya sembarangan lebih baik jangan diulangi lagi dah. Menaruh biola sembarangan dapat menciptakan biola sobat terbagi berkeping-keping alasannya yaitu kedudukan atau keinjak. Simpanlah dengan baik dan benar.

9. Sering Dimainkan.

Biola jikalau jarang dimainkan itu dapat menimbulkan banyak masalah. Selain dapat jamuran, retak, dan masih banyak lagi biola yang jarang dipakai itu dapat menghipnotis kualitas suara. Hal ini perlu diperhatikan juga oleh sobat-sobat,,, Kalau hanya asalan alasannya yaitu terlalu sibuk maka lebih baik dijual/diinfaqkan ke kerabat atau sodara. Kasian sama biolanya dan juga sama modal yang dikeluarin buat membeli ntu biola. Kalaupun tidak ingin dijual atau diinfaqkan ya terserah sobat, ya mungkin pada risikonya akan menjadi pajangan di rumah maupun kantor kalian.

10. Berdoa

Berdoalah kepada Tuhan semoga biola kita dapat sehat selalu sehingga dapat menemani hari-hari kita dengan indah.

Mungkin cukup sekian tips dari saya, semoga bermanfaat di hati sobat-sobat semuanya. Apabila ada kesalahan atau kekeliruan dapat kasih komentar dibawah. 

Tunggu tips-tips berikutnya yah guys...

TERIMAKASIH




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel